Intip Nih, Cantiknya 30 Finalis Miss Earth Kunjungi Jakarta Aquarium Miss Earth 2018. (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

HARI ini, Selasa (3/7) salah satu tempat rekreasi ibukota kedatangan pengunjung-pengunjung cantik. Kecantikan mereka tidak biasa memang. Sebanyak 30 finalis Miss Earth Indonesia hadir di Jakarta Aquarium. Penampilan mereka sungguh memanjakan mata pria dengan balutan hash. Miss earth merupakan kontes kecantikan bertema lingkungan hidup yang dihelat Yayasan El John.

Kunjungan ini merupakan bentuk kepedulian para kontestan terhadap pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup, terutama laut. Sebab, berdasarkan data penelitian dari Jambeck et al Science 2015, Indonesia merupakan negara penghasil sampah terbanyak kedua setelah Tiongkok. Artinya, keadaan laut Indonesia kini dipenuhi dengan sampah. Akibatnya kehidupan biota laut jadi terancam. "Mereka harus mengantongi informasi lebih jauh tentang satwa terutama laut," papar, Cindy Guinata, General Manager El John.

Di saat yang sama, Hans Manansang, selaku Direktur Jakarta Aquarium senada dengan Cindy. Menurutnya, misi Jakarta Aquarium sama dengan Miss Earth untuk menggaungkan kampanye peduli dengan lingkungan hidup biota laut. Dalam hal ini, Jakarta Aquarium, beserta El John dan Finalis Miss Earth gaungkan suara 'Lautku Bersih'. "Kami ingin mengajak dan menggugah hati masyarakat utk peduli lingkungan," ujar Hans.

miss earth
Miss Earth menambah pengetahun kehidupan di laut. (Foto: MP/ikhsan Digdo)

'Lautku Bersih' merupakan gerakan nyata untuk mengurangi pembuangan sampah plastik ke laut. Masalahnya, sampah-sampah plastik tersebut dapat merusak kehidupan biota laut. Sampah plastik yang mencemari lautan dapat menjadi racun bagi hewan laut, dan berujung kepada kematian. Solusinya adalah mengganti penggunaan plastik dengan bahan mudah didaur ulang seperti kertas, alumunium, dan bambu.

Kunjungan tersebut sekiranya berlangsung selama dua jam. Saat memasuki area aquarium, mata pengunjung lain langsung terpana dengan kehadiran para finalis. Mereka memang cantik tapi tidak hanya bermodalkan itu saja. Sambil berkunjung mereka juga mempelajari lebih mendalam mengenal spesies biota laut yang amat beraneka macam. Maklum, calon Miss Earth harus paham betul keadaan lingkungan.

Hal ini pun dirasakan kontestan asal Surabaya, Verta Arlinsa. Sosok wanita berwajah imut ini mengaku pertama kalinya mengunjungi aquarium ini. Dirinya memang mencintai kehidupan biota laut, namun tidak pernah memahami kriteria hewan laut lebih detil. Namun karena kunjungan ini, ia mendapatkan banyak pengetahuan lebih lengkap segala hal tentang biota laut. "Aku jadi lebih tahu beberapa jenis ikan, cara perawatannya, cara memberi makan. Pokoknya banyak deh," tuturnya semringah.

miss earth
Miss Earth mewakili bentuk peduli lingkungan hidup. (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

Berbeda dengan kontestan asal Palembang yang satu ini. Sosok cantik bernama Risya Monika, merasa pengetahuannya akan ikan langka bertambah setelah mengunjungi aquarium terbesar di Jakarta itu. Bahkan, ia mengaku sangat senang karena pemandangan biota laut di tempat tersebut benar-benar serasa berada di laut. "Bener-bener kerasa real, ketemu ikan-ikan. Jadi tahu juga ada spesies yang langka," imbuh dara berambut panjang itu.

Selain itu, kunjungan para finalis bukan hanya menikmati keindahan biota laut saja. Di lantai dua, terdapat beberapa jenis hewan reptil dan serangga, semisal ular dan laba-laba. Di lantai dua ini terlihat mereka tampak lebih antusias. Tidak jarang mereka berfoto bersama. Ada pula yang berswafoto. Lagi-lagi bukan sekadar bersenang-senang, sembari berfoto mereka juga belajar banyak mengenai reptil dan serangga melalui penjelasan langsung dari pemandu.

Kunjungan tersebut diakhiri dengan makan siang bersama oleh para awak media. Nantinya, para kontestan akan menjalani babak grand final yang akan diselenggarakan di Senayan City pada Jumat (6/7). (ikh)

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH