Intip Kecanggihan dan Spesifaki Mobil Listrik Pertama Aston Martin, Rapide E Mobil listrik pertama Aston Martin, Rapid E 2019 (Foto: theverge.com)

SIAPA yang tidak tahu mobil Aston Martin? Pabrikan otomotif asal Britania Raya ini telah berdiri sejak awal abad ke 19. Mobil-mobil yang diproduksi oleh Aston Martin mempunyai kelas tinggi dan termasuk salah satu yang mewah di dunia, tak jarang merek ini digunakan dalam film Hollywood seperti film James Bond, Fast and Furious, sampai Transformer.

1. Mobil Listrik Pertama Aston Martin

Aston Martin, salah satu perusahaan mobil terbesar. Memberikan pengumuman perihal mobil pertama mereka yang menggunakan tenaga listrik.

Dr Andy Palmer selaku CEO pernah memberikan pengumuman pertamanya untuk mobil berbasis EV (bertenaga listrik) pada tahun 2015 lalu.

Walau pada sebelumnya Aston Martin Rapide E. ini memulai debutnya pada tahun 2010, tapi cukup lama bagi Aston Martin untuk merilis pengumuman pertamanya mengingat spesifikasi tinggi dari mobil yang hendak mereka produksi.

2. Hari Perilisan Mobil EV Aston Martin

(Video: YouTube/Aston Martin)

Setelah empat tahun Aston Martin merilis pengumuman terakhirnya pada tahun 2015, akhirnya Aston Martin merilis mobil ini, meskipun itu hanya diproduksi 155 unit saja.

Baca Juga:

Milenial Indonesia Harus Melek Teknologi Mobil Listrik

Walau sebelumnya dikabarkan Aston Martin Rapide E. ini dirilis dengan estimasi harga $200 ribu untuk sedan keluarga, tetapi mobil ini adalah yang pertama kali menggunakan mesin EV, yang menggunakan listrik sebagai bahan bakarnya.

3. Spesifikasi Mobil Aston Martin Rapide E.

Spesifikasi Aston Martin RapidE
Dasbor Aston Martin Rapide E. yang Elegan (Foto: The Verge)

Dikutip dari The Verge, mobil ini diperkuat tenaga 800 volt dengan baterai sebesar 65ribu kWh. Twin motornya juga terpasang di samping yang mampu memberikan kekuatan hingga 600 tenaga kuda.

Mobil ini diperkirakan dapat bertahan hingga lebih dari 300 kilometer dalam sekali isi. Untuk performa, mobil ini dapat menempuh hingga lebih dari 90 kilometer per jam hanya dalam waktu lima detik saja.

Aston Martin Rapide E memiliki mesin V12 yang didesain seimbang dengan bahan bakar elektriknya dan memiliki beban sekitar dua ton lebih. Untuk mobil keluarga, Aston Martin mampu menyeimbangkan ciri khasnya sebagai sports car.

Dari segi interior, mobil ini memiliki layar digital 10 inci di bagian speedometernya, dan layar sebesar 8 inci di bagian tengah dashboard. Dengan berbasis Apple CarPlay dan Android Auto sebagai sistem perangkat untuk mobil bertenaga listrik ini. (dnz)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH