Intip Atraksi Ribuan Personel TNI AD Peragakan Beladiri Yongmoodo

Bahaudin MarcopoloBahaudin Marcopolo - Senin, 05 Oktober 2015
Intip Atraksi Ribuan Personel TNI AD Peragakan Beladiri Yongmoodo
Ribuan prajurit TNI menampilkan atraksi beladiri militer Yongmoodo dalam HUT TNI ke-70 di Pantai Indah Kiat, Cilegon, Banten, Senin (5/10) (MerahPutih Foto/Venan Fortunatus)

MerahPutih Peristiwa - Peringatan hari ulang tahun Tentara Nasional Indonesia (HUT TNI) ke-70 di Pantai Indah Kiat, Cilegon, Banten pada Senin (5/10) berlangsung dengan meriah dan lancar. Berbagai atraksi ditunjukkan TNI untuk merayakan hari jadinya. Mulai dari defile pasukan, peragaan beladiri hingga pertunjukan kendaraan tempur dan manuver-manuver alat utama sistem persenjataan (Alutsista) TNI.

Salah satu atraksi yang cukup menarik dan memicu decak kagum banyak orang adalah atraksi beladiri militer TNI Yongmoodo yang ditampilkan oleh TNI AD. Sebanyak 1.634 prajurit TNI AD menunjukkan kelihaian beladiri mereka dihadapan Presiden Joko Widodo, perwira tinggi TNI dan juga ribuan warga yang datang ke acara puncak peringatan hari jadi TNI.

Dalam atraksi tersebut ribuan prajurit TNI AD tidak mengenakan baju hanya celana loreng yang melekat dalam diri mereka. Tampak betul tubuh kekar ribuan personel TNI AD. Sorot mata mereka juga tajam sapa persis saat akan menghadapi perang sesungguhnya. 

Di tengah terik mentari yang membakar dan kencangnya tiupan angin ribuan personel TNI  menunjukkan kemahiran dalam teknik pertarungan jarak dekat, teknik menjatuhkan lawan, perkelahian tanpa menggunakan alat. Materi beladiri yang ditampilkan mulai dari gerakan tangan berupa pukulan, tangkisan dan tusukan. Kemudian gerakan tendangan kaki diarahkan ke arah perut besar, wajah dan tendangan ke samping yang mengarah ke kepala lawan.

Atraksi beladiri kolosal itu juga menapilkan pertarungan seorang prajurit TNI yang dikeroyok oleh tiga orang musuh. Berbekal dengan kemampuan beladiri tinggi, ketiga musuh yang diskenariokan itu berhasil dilumpuhkan oleh prajurit TNI.

Selain itu beberapa prajurit TNI memperagakan kemampuan kanuragannya. Dalam demo beladiri tersebut terihat beberapa prajurit TNI berdiri tegap dan kokoh. Sesaat kemudian datang gerombolan orang yang menggunakan kayu, bambu dan batu bata. Secara bergiliran mereka memukulkan benda-benda tersebut kepada beberapa prajurit TNI. Hasilnya kayu dan bambu patah kemudian batubata hancur berkeping-keping.

Aksi beladiri yang dilakukan ribuan personel TNI AD membuat decak kagum dari ribuan pengunjung yang sejak pagi sudah memadati Pelabuhan Indah Kiat, Cilegon, Banten. Gemuruh tepuk tangan segera terdengar keras.

Banyak jurus-jurus maut yang dikeluarkan prajurit TNI mulai dari tendangan maut, membanting musuh hingga terjatuh, lompatan harimau dan berduel dengan tangan kosong. Tidak berhenti sampai disitu beberapa prajurit TNI juga menampilkan teknik bertarung dengan menggunakan double stik yang dipopulerkan oleh petarung Bruce Lee.

Kepala Bidang Penerangan Umum Pusat Penerangan TNI (Kabidpenum Puspen TNI) Kolonel Czi Berlin G menjelaskan peringatan puncak HUT TNI ke-70 sedikitnya dihadiri oleh 18.000 orang, termasuk didalamnya prajurit TNI dan tamu undangan sekitar 3.000 orang.

"Sisanya adalah masyarakat yang berkunjung kesini. Anda kan bisa lihat antusias mereka datang kesini," katanya saat berbincang dengan MerahPutih.com dilokasi.

Pengamatan merahputih.com dilokasi, ribuan pengunjung sejak pagi datang dan memadati areal Pelabuhan Pantai Kiat, Cilegon, Banten. Meski cuaca panas dan berbeda namun keinginan mereka melihat parade militer TNI tidak terbendung. Hasilnya ribuan warga tumpah ruah di lokasi. (Bhd

BACA JUGA:  

  1. Ahok Warga Kehormatan TNI 
  2. Mimpi Jokowi Jadikan Indonesia Poros Maritim Dunia 
  3. Jokowi: Rakyat dan TNI Ibarat Ikan dengan Air 
  4. Ribuan Warga Antusias Hadiri HUT TNI ke-70 di Cilegon
  5. Atraksi 6 Pesawat Tempur Meriahkan HUT TNI AU

 

 

 

#Alutsista #HUT TNI Ke-70
Bagikan
Bagikan