Intip 8 Kolaborasi K-Pop & Western Terbaik Sejauh Ini BLACKPINK di lagu Ice Cream (Foto: YG Entertainment)

MUSIK benar-benar bisa mendobrak segala batasan, termasuk bahasa. Hal tersebut telah membuka banyak pintu bagi idola K-Pop untuk berkolaborasi dengan musisi Barat.

Beberapa di antaranya sangat populer bahkan masuk jajaran sepuluh besar trending di YouTube. Untuk itu, intip delapan kolaborasi K-Pop dan Western terbaik yang pernah ada sejauh ini.

Baca juga:

Seberapa Kece Lagu Berbahasa Inggris Keluaran Terbaru Tiga Grup Idola K-pop?

1. Ice Cream - BLACKPINK bersama Selena Gomez

Sesuai namanya, lagu ini terdengar manis, menarik, dan menyegarkan. Duet antara Selena Gomez dan BLACKPINK ini benar-benar menawarkan sesuatu yang baru dari Jisoo cs.

Meskipun selama ini lagu BLACKPINK selalu menyelipkan lirik bahasa Inggris di dalamnya, Ice Cream terasa begitu menonjol karena sebagian besar liriknya dalam bahasa Inggris.

Ini membuat penggemar internasional lebih mudah untuk mengikutinya. Selain itu, intonasi dan suara mereka terdengar agak berbeda dari saat mereka bernyanyi dalam bahasa Korea.

Lirik yang dibawakan oleh Selena Gomez juga cocok. Gaya vokalnya yang lembut dan feminin sangat cocok dengan Ice Cream. Manis dan menawan, ini adalah semua yang bisa kami minta di trek kolaborasi musim panas.

2. Boy With Luv - BTS bersama Halsey

Ceria dan sangat menarik. Boy With Luv adalah salah satu rilis utama tahun 2019 yang bersertifikat Platinum. Lagu funk pop ini memiliki begitu banyak warna di dalamnya, dengan lirik yang membawa kita mendapatkan vibe positif.

Kontribusi Halsey memberikan tambahan yang menarik. Vokal manisnya menciptakan kontras yang membuat ketagihan.

Dengan BTS yang terkenal karena koreografi mereka, tidak perlu dipungkiri lagi bahwa Halsey juga ikut serta. Tarian kolektif yang terjadi pun epik.

3. Let’s Shut Up & Dance - Lay EXO, NCT 127 bersama Jason Derulo

Judul lagunya menjelaskan itu semua. Lagu ini begitu luar biasa sehingga membuat yang mendengarnya segera bangkit dan bergoyang.

Let’s Shut Up & Dance memiliki getaran gelap dan seksi yang dipadukan dengan sempurna oleh gerakan mengalir yang ditampilkan di sepanjang video musik.

4. Play It Cool - MONSTA X bersama Steve Aoki

Di lagu Play It Cool, sentuhan 'ajaib' Steve Aoki begitu terasa. Semua penggemar pun mendukungnya. Suara MONSTA X yang lembut juga menyatu dengan irama.

Baca juga:

'Ice Cream' Berhasil Mencetak Beberapa Rekor Baru bagi BLACKPINK

5. Different Game - Jackson GOT7 bersama Gucci Mane

Salah satu karya solo Jackson berjudul Different Game terasa istimewa. Bukan hanya karena lagu ini merupakan kolaborasi, tetapi juga karena referensi lintas budaya yang tersebar di sepanjang video musik tersebut.

Di dalamnya, rapper tersebut menyoroti bagaimana karier dan karyanya menjangkau lintas batas budaya dengan GOT7. Bagian Gucci Mane semakin meningkatkan pencapaian bersama mereka.

6. Cave Me In - Eric Nam, Tablo bersama Gallant

Kolaborasi sempurna antara nominator Grammy Gallant, dengan Eric Nam, dan Tablo, Cave Me In adalah lagu R&B yang memadukan gaya musik unik ketiganya untuk musik slow jam yang sangat lembut dan memabukkan. Lagu ini juga akan membawa pendengar melalui pasang surut emosional.

7. Freal Luv - Chanyeol EXO Ft. Far East Movement, Marshmello, dan Tinashe

Satu hal yang pasti, Freal Luv mengikat banyak artis dan pengaruh bersama dengan yang satu ini. Betapa menyenangkan melihat dan mendengar bagaimana R&B, elektro, dan getaran pop semuanya menyatu.

Aliran halus Chanyeol EXO bersilangan dengan melodi Tinashe untuk menciptakan lagu yang sensual. Dengan lagu yang sepenuhnya berbahasa Inggris, sangat mengesankan bahwa Chanyeol memiliki andil dalam menyusun dan menulis lirik.

8. Written In The Stars - Wendy Red Velvet Ft. John Legend

Terlahir dari kolaborasi antara dua legenda vokal, bisa dikatakan Written In The Stars adalah karya yang indah dan penuh perasaan.

Suara Wendy yang lembut selaras dengan suara bariton John Legend yang lebih dalam untuk menyampaikan balada cinta yang memesona. Duo ini bahkan bekerja sama untuk merekam video musik romantis di gurun California. (avia)

Baca juga:

BTS dan BLACKPINK Catat Sejarah Baru untuk K-Pop di MTV VMA 2020

Kredit : iftinavia


Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH