Intip 6 Lokasi Sprint Race F1 untuk Musim 2023

Andrew FrancoisAndrew Francois - Kamis, 08 Desember 2022
Intip 6 Lokasi Sprint Race F1 untuk Musim 2023
Format sprint race disenangi penggemar. (Foto: F1)

SELAMA akhir pekan Grand Prix Abu Dhabi November 2022, Motorsport menyebutkan bahwa sirkuit Baku dan Spa tengah mengantre untuk menjadi tuan rumah balapan sprint Formula 1 untuk musim mendatang. Di musim 2022, setidaknya ada tiga balapan sprint race di Formula 1.

FIA sebagai regulator akhirnya setuju agar balapan sprint race di Formula 1 digandakan menjadi enam mulai musim 2023 mendatang. Namun, saat pekan balap di Abu Dhabi lalu, belum diketahui siapa saja yang akan menjadi keenam tuan rumah sprint race itu.

Kini, F1 secara resmi telah mengonfirmasi jadwal enam sprint race untuk musim 2023, antara lain Azerbaijan (Sirkuit Baku), Austria (Sirkuit Red Bull Ring), Belgia (Sirkuit Spa-Francorchamps), Qatar (Sirkuit Lusail), AS (Sirkuit COTA), Brasil (Sirkuit Interlagos).

Baca juga:

Formula 1 Uji Coba Sprint Qualifying

Sprint race menciptakan suasana akhir pekan yang lebih kompetitif. (Foto: F1)

Empat tuan rumah baru, antara lain Baku, Spa, Lusail, dan Austin, yang bakal menjadi tuan rumah sprint race perdana sejak format itu diperkenalkan pada 2021. Adapun Red Bull Ring telah menjadi tuan rumah sprint race sejak 2022, dan Interlagos sudah sukses menggelar format itu sejak 2021.

Tuan rumah lama untuk format sprint race yang dicoret adalah Imola, Italia. Slot untuk sirkuit itu kemudian diganti oleh Sirkuit Lusail, yang absen pada tahun 2022 ini karena harus menggelar Piala Dunia 2022. Qatar sempat menjadi tuan rumah pekan balap F1 pada 2021.

Namun, mereka akan kembali menjadi tuan rumah balapan jet darat termewah di dunia tersebut mulai 2023, di bawah kesepakatan kontrak selama sepuluh tahun. F1 juga tengah meninjau perubahan format sprint race di masa depan, termasuk kemungkinan mengalihkannya menjadi acara mandiri, ketimbang memengaruhi jadwal pekan balap.

Baca juga:

LEGO McLaren Formula 1 Bikin Koleksimu Makin Epik

Bertambah tiga agenda sprint race pada 2023 dari 2022. (Foto: F1)

Tetapi, setidaknya hingga musim 2023, formatnya masih sama, dengan sprint race digelar pada Sabtu dan dijadikan sebagai kualifikasi untuk balapan pada Minggu. Adapun sistem poin untuk sprint race pada musim 2023 masih akan sama dengan pada musim 2022.

"Kami telah melihat reaksi yang sangat positif terhadap sprint F1 selama dua tahun pertama penyelenggaraannya, dan kami tidak sabar untuk menghadirkan lebih banyak aksi kepada penggemar dengan enam acara tahun depan, termasuk sprint F1 AS pertama kami di Austin," ungkap CEO dan Presiden F1 Stefano Domenicali.

Domenicali menambahkan bahwa format sprint race menciptakan akhir pekan balap yang sangat kompetitif dan mampu membawa lebih banyak hiburan bagi para penggemar. Format itu juga memberikan nilai tambah bagi para pemangku kepentingan, terutama tim dan tuan rumah. (waf)

Baca juga:

Formule E vs Formula 1, Begini Bedanya

#F1 #Formula 1
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan