INTI Kirim Kader Terbaik Ikuti Kursus Kepemimpinan Lemhannas Pengurus Perhimpunan INTI dalam diskusi menyambut pelatihan kebangsaan dan kepemimpinan di Lemhannas RI. Foto: INTI

MerahPutih.com - Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) menggelar "Kursus Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan dan Pelatihan Kepemimpinan" di Gedung Panca Gatra, komplek Lemhannas RI di Jakarta, selama seminggu penuh, mulai 30 Juli sampai 5 Agustus mendatang.

“Ini kesempatan yang luar biasa. Di tahun-tahun sebelumnya, untuk mengikuti program pendidikan Lemhannas harus melalui seleksi ketat. Dan mengikuti pelatihan selama 9 bulan penuh untuk menerima sertifikat di Lemhannas,” kata Sekjen INTI Ulung Rusman, Alumni Pendidikan Reguler Lemhannas RI 2011 itu, dalam rilis yang diterima Rabu (11/7).

Dalam kesempatan itu, Wakil Ketua Umum Perhimpunan INTI, Budi S.Tanuwibowo juga menjelaskan betapa pentingnya kelas ini bagi masyarakat Tionghoa.

Perhimpunan INTI bersama pimpinan berbagai organisasi Tionghoa di Indonesia telah sepakat menyatakan dukungannya termasuk komitmen akan mengirim dan merekomendasikan kader terbaik dari organisasinya masing-masing menjadi peserta kursi.

Lemhanas
Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI)

Organisasi Tionghoa di Indonesia yang terlibat, di antaranya dari Perhimpunan Fujian Indonesia, Perkumpulan Guangdong Indonesia, Perkumpulan Mei Zou, Perkumpulan Hakka Jakarta, Perkumpulan Teo Chew Jakarta, Perhimpunan Warga Guang Zhau Seluruh Indonesia, Perhimpunan Minnan Indonesia, Perkumpulan Hainan Indonesia, Perkumpulan Shandong Indonesia, Perkumpulan Marga NG, Marga HUANG, Yayasan Bumi Khatulistiwa, Perhimpunan Masyarakat Singkawang dan sekitarnya.

Ketua Umum Perhimpunan INTI, Teddy Sugianto menambahkan adalah suatu hal yang sangat membanggakan, Lemhannas RI memberikan 100 tempat kepada Perhimpunan INTI untuk bisa mengikuti program pendidikan ini.

Teddy mengimbau dan mengajak bahwa selain anggota INTI, untuk anggota dan pengurus Perkumpulan Tionghoa lainnya dan/atau perusahaan maupun orang pribadi terutama generasi muda Tionghoa untuk segera ikut mendaftar sebagai peserta.

“Karena selain dapat mengintegrasikan dengan lebih baik ke dalam masyarakat arus utama. Dengan mengikuti acara ini juga meningkatkan kesadaran akan konstruksi nasional serta koneksi pribadi antar individu. Ini adalah kesempatan yang sangat menguntungkan,” tutur dia.

INTI
Pengurus Perhimpunan INTI dalam diskusi menyambut pelatihan kebangsaan dan kepemimpinan di Lemhannas RI. Foto: INTI

Ketua Bidang Pelatihan dan Kaderisasi Perhimpunan INTI, Kurnia Setiawan, menambahkan saat pembukaan acara dihadiri pimpinan dan jajaran Lemhannas RI dan Perhimpunan INTI, serta tokoh-tokoh Tionghoa Indonesia, tokoh lintas agama dan tokoh masyarakat.

“Dalam pendidikan tersebut, salah satu materi yang akan diberikan adalah terkait 4 konsensus dasar bangsa, yaitu Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, serta beberapa materi penunjang lainnya termasuk mengenai wawasan nusantara maupun pengantar nilai-nilai kebangsaan,” tandas Kurnia. (*)


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH