INTI Berharap Virus Persaudaraan Tulus Sahur Kalijodo Terus Menyebar Para undangan dan warga sekitar Kalijodo tampak asyik mengikuti acara Sahur Bersama INTI dengan Ibu Sinta Nuriyah Wahid. Foto: MP/Rizki Fitrianto

MerahPutih.com - Sahur bersama yang digelar Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) bersama Istri Presiden Republik Indonesia ke-4 Abdurrahman Wahid, Sinta Nuriyah Wahid, menuai pujian sebagai inspirasi dalam mempersatukan ragam suku dan agama di Tanah Air.

INTI sendiri berharap acara serupa dapat terus digelar di masa mendatang. Utamanya acara yang menjadi ajang saling berbagi dan memberi arti bagi erat dan terpeliharanya hubungan silaturahmi di antara sesama warga bangsa Indonesia.

"INTI juga merindukan tumbuhnya semangat persaudaraan tulus di antara kita. Dengan persaudaraan yang kuat, yakinlah Indonesia ke depan akan lebih berjaya, maju dan sejahtera," kata Ketua Umum INTI Teddy Sugianto, di Jakarta.

pengurus INTI
Ketua Panitia Liem Liliany Lontoh (kiri) dan Ketua Umum INTI Teddy Sugianto. Foto: MP/Riski Fritianto

Pernyataan INTI ini sejalan dengan pandangan Sinta Wahid yang melihat acara sahur bersama yang digelar oleh perhimpunan INTI memberikan nilai kerukunan dan perdamaian. Sebab acara itu dihadiri oleh berbagai macam suku dan agama.

"Saya bersyukur kalau melihat seperti ini Indonesia itu dalam keadaan rukun dan damai dalam kehidupan yg damai bersama semuanya," kata Sinta di RPTRA Kalijodo, Jakarta Utara, Selasa (12/6).

INTI
Ibu Sinta Nuriyah Wahid sedang memberikan pidato sambutan pada acara Sahur Bersama Warga Kalijodo. (Foto: MP/Rizki Fitrianto)

Menurut Ibu Sinta, acara yang dihadiri 2.000 orang lebih dari berbagai kalangan itu merupakan wujud miniatur Indonesia. Fakta ini, lanjut dia, memberi rasa optimistis saat ini kerukunan di Indonesia kian hari kian bertambah.

"Di sini saya melihat berbagai suku, bangsa yang ada di Indonesia dan berbagai agama berkumpul di sini semua saling rukun dan damai bergandengan tangan duduk bersama sama dalam acara istimewa ini," tandas istri Almarhum Gus Dur itu.

Warga memenuhi RPTRA Kalijodo, Jakarta Utara (MP/Rizki Fitrianto)

Senada dengan Ibu Sinta, Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie mengatakan acara sahur bersama di Kalijodo ini memberikan inspirasi di masyarakat karena dapat mempersatukan ragam suku dan agama.

"Acara ini memberi inspirasi banyak orang, manfaatnya itu secara horizontal dan vertikal sangat baik untuk mempersatukan," kata Jimly kepada MerahPutih.com.

Acara sahur bersama di Kalijodo juga dimeriahkan dengan pertunjukkan Barongsai (MP/Rizki Fitrianto)

"Kita harus beri apresiasi dan lagi pula sebagaimana saya sampaikan di sini berkumpul bukan hanya kalangan atas tapi kebanyakan kalangan anak yatim, janda orang miskin, tapi para elit tokoh-tokoh nasional. Maka ini hubungan vertikal ini diperdekat tapi juga horizontal semua tokoh tokoh agama ada di sini termasuk aliran kepercayaan saya rasa ini menyadarkan kita yah," papar mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu.

Sementara itu, Juru Bicara INTI Lexyndo Hakim mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang hadir dalam acara sahur bersama di Kalijodo. Ucapan ini ditujukan kepada seluruh warga yang hadir dan seluruh undangan.

"Terima kasih buat semua pihak dan sponsor yang telah terlibat baik langsung maupun tidak langsung pada acara ini, terimakasih dan penghargaan untuk jajaran panitia yang dikomandannin oleh ibu Liem Liliany Lontoh, beserta ibu Serihana, ibu Nancy, PINTI, juga arahan-arahan dari Sekjen dan pak Haris Chandra, kehumasan INTI Candra Jap, INTI Banten dan apresiasi besar atas kehadiran forum kerukunan beragama dan jajaran Forkopimko Jakarta Utara dan Jakarta Barat, teman-teman Banser, tokoh-tokoh masyarakat, dan terimakasih khususnya kepada seluruh warga yang telah hadir untuk sahur bersama inti dan ibu Sinta Wahid," tutur pria yang akrab disapa Lexy itu.

sahur
Warga sekitar Kalijodo tampak asyik mengikuti acara Sahur Bersama INTI dengan Ibu Sinta Nuriyah Wahid. Foto: MP/Rizki Fitrianto)

Tak hanya itu, INTI juga memuji semua pihak yang menjamin kelancaran acara. "Atas nama INTI, Ketua Umum Teddy Sugianto, dan Sekjen Ulung Rusman, kami mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri, mohon maaf lahir dan bathin, Mari kita saling menghormati, hidup nyaman dalam harmoni, meskipun kita berbeda-beda, bhinneka tunggal ika, kerukunan antar suku dan agama harus dijaga," tandas Lexy. (Asp)

Kredit : asropih

Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH