INTI Berencana Bangun Perkebunan Terpadu di Belitung Ketum INTI dan Bupati Belitung. Foto: Humas INTI/MP

MerahPutih.com - Rombongan Pengurus Pusat Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Belitung pada Rabu (11/12). Ketua Umum INTI, Teddy Sugianto membawa pengurus pusat INTI, GEMA INTI, Perempuan INTI (PINTI) dan termasuk beberapa calon Investor dari Beijing dan Guangzhou, Tiongkok.

Selain Teddy, nama-nama rombongan INTI yakni Djohan Nurdin, Edi Yansah, Yusuf Wijaya, Untung Krishna Wijaya, Pusanti, Candra, Ong Aman, Septyan Kusdinar, Krista Wijaya, Kusno Gono, dan Pieter Adamy. Dari Beijing ialah Zhang Li, Pan Qizhong, Wang Xuesong, Sun Xudong, Han Qianjin, Wang Qingting, sedangkan dari Guangzhou antara lain Lin Tong, Lin Tao, Huang Li, Huang Yonglin, dan Huang Zeyi.

INTI dan Bupati Belitung
Rombongan INTI beraudiens dengan Bupati Belitung H. Sahani Saleh. Foto: Humas INTI/MP

Dalam kunkernya, Pengurus INTI bertemu dengan Bupati Kabupaten Belitung H. Sahani Saleh. Dalam kesempatan itu, Saleh menjelaskan bahwa wilayahnya memiliki Special Economic Zone yakni KEK Tanjung Kelayang dan KEK Tanjung Batu Port.

Dengan demikian terdapat berbagai peluang potensi investasi yang bisa dikembangkan di Kabupaten Belitung yakni sektor Pariwisata, Industri, Pertanian, Perkebunan, Peternakan, Perikanan, Kelautan dan Infrastruktur.

Sanem menjelaskan soal peluang usaha dan Investasi di sini seperti di bidang pariwisata misalnya alih fungsi dari eks tambang menjadi wisata, dan Sanem menyakini para tamu INTI dan investor, bahwa berbagai sektor unggulan yang ada di Kabupaten Belitung semuanya bagus, bahwa Tahun 2025 Belitung menargetkan tidak ada lagi barang mentah yang di ekspor, maksimal barang setengah jadi. Maka peluang investasi sangat terbuka lebar.

Sementara itu, juru bicara INTI, Lexyndo Hakim mengatakan pihaknya berencana untuk membangun perkebunan terpadu berbagai jenis buah-buahan dengan bibit terbaik serta didukung teknologi terbaik untuk meningkatkan kualitas ekspor.

"INTI akan memasok bibit buah-buahan, pupuk serta vitamin untuk mengembangkan perkebunan buah-buahan berbasis masyarakat. Hal ini agar Belitung bisa melakukan ekspor buah," kata Lexy dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (17/12)

Rombongan Pengurus Pusat Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Belitung pada Rabu (11/12).
Rombongan Pengurus Pusat Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Belitung pada Rabu (11/12). Ketua Umum INTI, Teddy Sugianto membawa pengurus pusat INTI, GEMA INTI, Perempuan INTI (PINTI) dan termasuk beberapa calon Investor dari Beijing dan Guangzhou, Tiongkok. Foto: Humas INTI/MP

Lexy melanjutkan, Ketua Umum INTI akan bantu bibit buah, biar masyarakat bisa ambil gratis bibit unggul. INTI bakal kirim lebih kurang 10.000 bibit Durian langsung dari Jakarta. INTI meyakini bahwa investasi di bidang ini memiliki potensi profit dan di bidang ini sebenarnya sangat menguntungkan.

Lexy berharap dengan adanya kerjasama dengan Pemkab Belitung, ke depan Belitung akan lebih baik. (*)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH