Teknologi
Internet untuk UMKM Desa Warga desa membutuhkan akses internet. (Foto: Unsplash/Shayan Ghiasvand)

DESA Kalitengah adalah salah satu desa UMKM unggulan di Kabupaten Cirebon. Mayoritas masyarakatnya bergerak di industri rumahan seperti produksi batik, telur asin, e-warung, dan lain sebagainya.

Tentu saja masyarakat di desa tersebut membutuhkan koneksi internet cepat untuk menunjang keperluan dalam berwirausaha. Oleh karena itu, perusahaan internet bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) untuk menyediakan akses internet di desa tersebut.

Baca juga:

Prediksi Perkembangan Internet di 2021, Aplikasi Kencan Makin Populer

Program ini merupakan Inisiatif Kemkominfo dalam mendukung pemberdayaan UMKM melalui program Bantuan Pemerintah Penyediaan Layanan Akses Tetap Pitalebar (Fixed Broadband). Program ini diluncurkan beberapa waktu lalu di GMG Nyi Mas Ayu Danawati, Desa Kalitengah, Kabupaten Cirebon.

Pemerintah berkolaborasi dengan perusahaan internet untuk memberikan akses internet di desa. (Foto: Unsplash/Glenn Carstens-Peters)

Tidak hanya itu, perusahaan internet yang berkolaborasi dengan pemerintah juga menjalankan program pembangunan infrastruktur fiber optik secara bertahap. Namun, belum ada kepastian kapan pembangunan infrastruktur selesai.

Marvels P. Situmorang, Direktur Pengembangan Pitalebar Ditjen PPI Kemenkominfo RI mengatakan sejak 2018 Direktorat Pengembangan Pitalebar memberikan bantuan akses internet untuk berbagai sektor. Khususnya menyasar sektor UMKM dan pariwisata untuk memberdayakan kedua sektor tersebut dan mengembangkan jaringan infrastruktur pitalebar.

Infrastruktur yang tersedia pun perlu dimaksimalkan utilisasinya sebagaimana arahan Presiden RI. "Untuk itu, kami bekerjasama dengan berbagai pihak untuk mencapai tujuan tersebut, termasuk penyedia layanan internet," papar Marvels P dalam rilis pers yang diterima merahputih.com.

Baca juga:

'Prime Time' Aktivitas Internet Masyarakat Indonesia Jam 8 Malam

Dedy Handoko, Chief Broadband Officer CBN mengatakan Indonesia saat ini sudah memasuki era digitalisasi. Di era ini mayoritas kegiatan harian masyarakat tidak terlepas dari peran internet. Bagi UMKM, peran serta internet tentunya dapat meningkatkan produktivitas dan pemasaran untuk perekonomian yang lebih baik.

Kemkominfo juga akan memberikan pelatihan dalam memaksimalkan penggunaan internet. (Foto: Unsplash/LinkedIn Sales Solutions)

"Merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan untuk menjadi bagian dari program Kemkominfo dalam menghadirkan pemerataan penyediaan koneksi internet di Indonesia," paparnya.

Tidak hanya memberikan akses internet, Kemenkominfo juga akan memberikan pelatihan pendampingan dalam memaksimalkan penggunaan internet di Desa Kalitengah. Menyusul, beberapa daerah lain juga mendapatkan hal yang sama.

Diharapkan dengan kegiatan tersebut mampu meningkatkan produktivitas dan perekonomian masyarakat. Terutama para pelaku UMKM. (ikh)

Baca juga:

Akses Internet Dibatasi Ekstra Ketat di 5 Negara Ini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Pentingnya Rutin Medical Check Up Jantung
Fun
Pentingnya Rutin Medical Check Up Jantung

Untuk mencegah risiko terkena penyakit jantung.

Bintang Emon Ajak Anak Muda Lebih Aktif dan Kreatif
Fun
Bintang Emon Ajak Anak Muda Lebih Aktif dan Kreatif

Hidup lebih produktif, aktif, dan kreatif.

Joe Lara, Bintang Serial Tarzan, Meninggal
ShowBiz
Joe Lara, Bintang Serial Tarzan, Meninggal

Terlibat kecelakaan pesawat bersama istri dan lima orang lainnya.

Jangan Terlalu Percaya Diri, Bahaya
Fun
Jangan Terlalu Percaya Diri, Bahaya

Percaya diri juga ada batasnya.

Baby Boom Gajah di Kenya Akibat Penutupan Ekowisata Selama Pandemi
Fun
5 Camilan Klasik Khas Indonesia untuk Temani Waktu Libur di Rumah
Fun
Sambut Metaverse, Mark Zuckerberg Beberkan Proyek AI Terbaru Meta
Fun
Sambut Metaverse, Mark Zuckerberg Beberkan Proyek AI Terbaru Meta

CEO Meta menjelaskan cara kerja AI untuk metaverse.

Bocoran Headphone Bluetooth Sony Terbaru
Fun
Bocoran Headphone Bluetooth Sony Terbaru

Baru-baru ini terdapat rumor mengenai headphone terbaru yang akan di keluarkan Sony.

Reinvented Toilet Solusi Kurangi BAB ke Sungai Citarum
Fun
Reinvented Toilet Solusi Kurangi BAB ke Sungai Citarum

Masih ada beberapa daerah di Jawa Barat yang belum 100 persen stop buang air besar sembarangan.

Planet Surf, Brand dan Toko Surfing Lokal yang Eksis Sejak 1997
Fashion