Internet Marketing Strategy & Mystery: Memahami Cara Kerja Internet Marketing

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Rabu, 28 Oktober 2020
Internet Marketing Strategy & Mystery: Memahami Cara Kerja Internet Marketing
Memahami Cara Kerja Internet Marketing lewat Techminar “Internet Marketing Strategy & Mystery” (Foto: istimewa)

ERA Revolusi Industri 4.0 ditandai dengan masifnya penggunaan teknologi informasi dalam semua segi kehidupan. Terlebih lagi dalam dunia bisnis dan pemasaran. Jika dulu pemasaran dilakukan secara konvensional dan promosi melalui media elektronik maupun cetak, kini mulai merambah ke dunia internet. Inilah yang kemudian kita kenal dengan istilah internet marketing.

Menurut Kotler dan Amstrong (2008:37), Internet marketing atau online marketing merupakan suatu bentuk usaha dari perusahaan atau organisasi dalam memasarkan produk atau jasanya dan juga membangun hubungan dengan pelanggan melalui perantara media internet.

Baca Juga:

Milenial, 'Digital Marketing' Bisa Bantu Kamu dapat Banyak Cuan

Memahami Cara Kerja Internet Marketing lewat Techminar Internet Marketing Strategy & Mystery (Foto: istimewa)

Internet Marketing merupakan bagian dari E-Marketing (electronic marketing) dan E-Business (electronic business). Internet marketing bukan saja mengarah kepada pemakaian media digital, tetapi juga berkaitan dengan bagaimana menjalankan manajemen data konsumen dan menjaga relasi yang baik dengan konsumen.

Dalam internet marketing ini tentu sangat banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan. Misalnya, produk bisa dipromosikan hanya dengan beberapa puluh ribu saja, tapi sudah dapat menjangkau ribuan hingga jutaan orang di seluruh Indonesia bahkan dunia.

Pemasaran dengan internet marketing ini tidak ada batasan tempat dan waktu, sehingga kamu bisa memasarkan produkmu kepada siapa saja yang terhubung dan menggunakan internet, seperti melalui media sosial (Facebook, Twitter, dll), mesin pencari (Google, Bing, Yahoo, Yandex, dll), marketplace (Bukalapak, Tokopedia, Lazada, Shoppee, dll), email marketing, video marketing, serta forum jual-beli.

Baca Juga:

Tingkatkan Bisnis Properti Bisa Gunakan Digital Marketing

Secara harfiah, arti internet marketing adalah pemasaran internet atau pemasaran online. Internet marketing adalah proses mempromosikan bisnis, produk atau layanan jasa, melalui internet menggunakan media/alat yang membantu mengarahkan lalu lintas, arahan, tindakan, dan penjualan.

Internet marketing mencakup berbagai taktik dan strategi marketing, termasuk konten, media sosial, email, lalu lintas mesin pencari, iklan berbayar, dan banyak lagi.

Namun, belakangan ini, internet marketing cenderung mengarah atau berjalan bersama dengan content marketing (pemasaran konten). Mengapa? Karena konten marketing adalah internet marketing paling efektif untuk masa kini dan masa depan.

internet marketing cenderung mengarah atau berjalan bersama dengan content marketing (Foto: pixabay/madartzgraphicz)

Di Indonesia sendiri sebenarnya sudah banyak contoh pelaku usaha atau bisnis yang sukses dalam menerapkan digital marketing. Salah satunya adalah Maicih, yang merupakan sebuah usaha keripik super pedas asal Bandung. Usaha Maicih ini menggunakan teknik penjualan digital marketing melalui sosial media Facebook dan Twitter.

Melalui kedua sosial media tersebut, Maicih memberikan segala informasi dan juga jam operasional penjualan. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan digital marketing melalui sosial media seperti Facebook dan Twitter, mampu menaikkan nilai jual produk tersebut. Terbukti, pengusaha Maicih ini memiliki omzet hingga puluhan juta rupiah di setiap bulannya.

Tidak hanya pelaku usaha kecil, pelaku bisnis besar seperti Pocari Sweat pun menggunakan digital marketing dan menunjukkan kesuksesannya dalam hal ini. Pocari Sweat yang bekerja sama dengan XM Gravity (digital agency), menggunakan digital campaign yang dikemas dengan sangat baik untuk mempromosikan produknya.

Seperti halnya melakukan perombakan pada website utama pocarisweat.co.id agar lebih interaktif, menarik untuk dilihat, dan tidak membosankan dengan layout serta games yang bisa dimainkan. Selain itu Pocari Sweat juga memakai jasa girlband yang sedang hits saat ini yaitu AKB48 dan JKT48 sebagai brand ambassador nya.

Penggunaan karakter fiksional yang melambangkan produknya juga digunakan oleh Pocari Sweat dalam digital campaignnya. Semua digital campaign yang dilakukan tersebut terbukti sukses, yang mana dapat dilihat dari penggemar yang meningkat hingga 800% dalam waktu kurang dari 3 bulan.

Techminar Kreen Indonesia bertajuk “Internet Marketing Strategy & Mystery” akan membahas lebih lanjut mengenai apa itu SEO, Google My Business, dan Google Analytics, serta seberapa penting traffic ads untuk social media dalam berbisnis melalui internet. Acara itu akan diadakan Kamis, 29 Oktober 2020 Pukul 13.30. (Ryn)

Baca Juga:

Musik sebagai Bagian Penting Marketing

#Internet Marketing #Digital Marketing
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan