Interaktif, 3 Film Berikut Biarkan Penonton Tentukan Jalan Cerita Menambahkan interaksi penonton dalam industri film (Foto: Bustle)

SELAIN berdampak pada kelangsungan hidup manusia, perkembangan teknologi juga memberikan dampak yang cukup serius dalam perkembangan dunia perfilman. Mulai dari perkembangan Computer-generated imagery (CGI) hingga beberapa visual effect (VFX) yang membuat berbagai efek-efek ilusional terlihat seperti nyata. Lantas, film-film seperti apakah yang memiliki karakteristik unik dalam perkembangan sejarah film? Yuk simak tiga film unik di bawah ini.

1. Black Mirror: Bandersnatch

Interaktif, 3 Film Berikut Biarkan Penonton Tentukan Jalan Cerita
Serial Netflix paling membingungkan (Foto: Engadget)

Singkat cerita, film/serial ini menceritakan seorang programer muda yang memulai karirnya sebagai pembuat game. Ia terinspirasi karena sebuah pertanyaan yang hadir dalam novel yang ia baca.

Meski begitu, saat ia memulai beberapa banyak hal ia justru terdistraksi dengan apa yang ia rasakan dan ia pikirkan.

Namun, uniknya dari film ini adalah kita harus memilih sendiri jalan cerita film ini dengan berbagai pilihan yang muncul saat sang karakter utama hendak melakukan sesuatu.

Pilihan-pilihan tersebut nantinya akan berdampak pada jalan cerita. Serial Black Mirror: Bandersnatch ini hadir di Netflix jika kalian ingin mencoba keseruannya.

2. Dear Angelica

Interaktif, 3 Film Berikut Biarkan Penonton Tentukan Jalan Cerita
Sebuah film pendek yang hanya bisa dinikmati dengan VR (Foto: UploadVR)

Film yang hanya rilis di Oculus Rift ini merupakan sebuah film Virtual Reality dan hanya bisa dinikmati dengan memggunakan alat khusus.

Alat Virtual Reality (VR) 3D ini membuat seakan-akan kita dibawa kedalam film tersebut dan merasakan sensasi terasa terlibat langsung dari film.

Film yang penuh dengan seni serta berbagai macam angle gambar ini tersedia secara gratis namun syaratnya harus memiliki alat VR dari Oculus Rift.

3. The Walking Dead (TellTale Game Series)

Interaktif, 3 Film Berikut Biarkan Penonton Tentukan Jalan Cerita
Film TWD yang dimodifikasi menjadi sebuah game untuk menentukan adegan apa yang terjadi selanjutnya (Foto: Forbes)

Meski kita tahu bahwa The Walking Dead menjadi salah satu serial TV yang sangat disukai. The Walking Dead juga hadir dalam serial movie game, dimana kita bisa memilih beberapa pilihan untuk kelanjutan cerita hingga mendapatkan ending-ending alternatif yang bisa berupa good ending atau bad ending.

Meski serupa dengan Bandersnatch, The Walking Dead rilis terlebih dahulu di Playstation 4. Jika tidak memiliki PS 4 namun ingin mencoba menyaksikan sedikit cuplikan dari bagaimana cara kerja film game The Walking Dead ini.

Kalian bisa cari-cari di YouTube karena banyak sekali YouTuber gaming yang sangat senang dan membuat beberapa urutan-urutan episode dan ending-ending alternatif lainnya. (riq)



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH