Serie A

Inter Milan Dipermalukan Empoli di Giuseppe Meazza

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 24 Januari 2023
Inter Milan Dipermalukan Empoli di Giuseppe Meazza
Gelandang Empoli Tommaso Baldanzi merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Inter Milan di Giuseppe Meazza, Milan, Selasa (24/1). ANTARA/AFP/MIGUEL MEDINA

MerahPutih.com - Kejutan terjadi di Giornata ke-19 Serie A usai Inter Milan dipermalukan Empoli dengan skor 0-1 di Giuseppe Meazza, Selasa (24/1) dini hari WIB. Ini menjadi kemenangan bersejarah Gli Azzurri - julukan Empoli.

Empoli memenangi laga atas Inter di Giuseppe Meazza sejak 2004, sekaligus jadi kemenangan pertama mereka atas Il Nerazzurri sejak 2006. Inter masih di urutan tiga dengan 37 poin dari 19 laga dan terpaut 13 poin dari Napoli di puncak klasemen.

Baca Juga

Kontrak Tak Jua Diperpanjang, Inter Milan Bergerak Cari Pengganti Milan Skriniar

Inter Milan coba membawa momentum keberhasilan juara Piala Super Italia saat melawan Empoli. Simone Inzaghi menurunkan taktik 3-5-2 dan mengandalkan Joaquin Correa dan Lautaro Martinez di lini depan.

Sedangkan Paolo Zanetti di kubu Empoli menerapkan formasi 4-3-1-2 dengan mengandalkan Nicolo Cambiaghi dan Francesco Capuato di depan, didukung oleh Liam Henderson.

Bermain di hadapan ribuan pendukungnya tidak memudahkan Inter mencetak gol apalagi Empoli bermain terorganisir, rapih, kuat kala bertahan dan berbahaya dari serangan balik. Pola serangan Inter juga mudah dibaca Empoli.

Inter Milan v Empoli. Foto: Twitter/@inter

Tidak banyak peluang yang tercipta karena praktis kedua tim berimbang di babak pertama, sampai sebuah kartu merah keluar dari kantong wasit untuk kapten Inter, Milan Skriniar.

Kartu kuning pertama diberikan karena pelanggaran taktik, sementara kedua kala kakinya mengenai kepala Capuato. Alhasil di paruh kedua Inter bermain dengan 10 pemain.

Baca Juga

Ditanya Peluang Milan Skriniar Gabung PSG, Galtier Tutup Mulut

Meskipun bermain dengan 10 pemain, Inter tetap menarik perhatian penuh dari Empoli karena mereka tahu Inter bisa sewaktu-waktu melancarkan serangan balik cepat - jika Empoli terlalu keasyikan menyerang.

Baik Inzaghi dan Zanetti sama-sama sudah melakukan pergantian pemain. Di antara pergantian yang dilakukan, pergantian yang dilakukan Zanetti kala menarik keluar Cambiaghi di menit 64 dan memainkan Tommaso Baldanzi berbuah manis.

Bagaimana tidak, baru dua menit Baldanzi bermain di lapangan laga, ia sudah mencetak gol pemecah kebuntuan di menit 66. Menerima operan dari Nedim Bajrami, Baldanzi melepaskan tendangan dari dalam kotak penalti yang gagal diantisipasi Andre Onana. 1-0 Empoli unggul.

Inzaghi langsung ingin Inter bermain ofensif dengan masuknya Edin Dzeko dan Romelu Lukaku. Ditambah Martinez sudah ada tiga penyerang di depan. Tetapi Empoli mempertahankan keunggulan itu mati-matian.

Peluang demi peluang Inter kandas karena rapatnya pertahanan Empoli plus mereka kurang jumlah pemain. Empoli pun mempertahankan keunggulan itu dan menang 1-0, menjadikan ini kemenangan bersejarah atas Inter di Giuseppe Meazza.

Susunan Pemain

Inter Milan (3-5-2): Andre Onana; Milan Skriniar, Stefan de Vrij, Alessandro Bastoni; Matteo Darmian (Edin Dzeko 71), Nicolo Barella (Kristjan Asllani 71'), Hakan Calhanoglu, Henrikh Mkhitaryan (Romelu Lukaku 77'), Federico Dimarco (Robin Gosens 71'); Joaquin Correa (Raoul Bellanova 46'), Lautaro Martinez.

Empoli (4-3-1-2): Guglielmo Vicario; Tyronne Ebuehi, Koni de Winter, Sebastiano Luperto, Fabiano Parisi; Jean-Daniel Akpa Akpro (Nicolas Haas 46'), Nedim Bajrami (Jacopo Fazzini 74'), Filippo Bandinelli; Liam Henderson (Martin Satriano 73'); Nicolo Cambiaghi (Tommaso Baldanzi 64'), Francesco Caputo (Sebastian Walukiewicz 90'). (*/Bolaskor)

Baca Juga

18 Bulan Pertama Simone Inzaghi Melatih Inter Milan

#Serie A #Inter Milan
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan