Intel Umumkan Prosesor Tiger Lake Generasi ke-11

Muchammad YaniMuchammad Yani - Kamis, 03 September 2020
Intel Umumkan Prosesor Tiger Lake Generasi ke-11
Akan dirilis akhir musim gugur tahun ini. (Foto: Wccftech)

BAGI kamu yang ingin membeli laptop atau komputer baru, sebaiknya pikirkan kembali pilihanmu. Itu karena Intel baru saja mengumumkan prosesor Intel Core U-Series (UP3) dan Y-Series (UP4) terbaru yang dirancang untuk perangkat laptop. Jajaran CPU-nya itu masuk ke dalam generasi ke-11 atau disebut Tiger Lake, yang juga terdiri dari Intel Core i3 sampai i7.

Kabar ini langsung diberitakan dari laman resmi Intel pada Kamis (3/9). Perusahaan mikroprosesor asal AS itu mulai mengomersialkan prosesor terbarunya pada musim gugur tahun ini. Mengutip The Verge, Intel Tiger Lake Gen 11 ini hadir dengan dukungan Thunderbolt 4, Wi-Fi 6, PCIE 4.0, serta peningkatan besar dari performa daya tahan.

Baca juga:

Dibanderol Rp29 Juta, Intip Performa Lumix S5 Terbaru

Proseseor ini dibangun menggunakan teknologi 10nm SuperFin dan diklaim memiliki performa lebih baik dari generasi sebelumnya di mode konsumsi daya rendah. Tiger Lake 11 menjanjikan kinerja 20 persen lebih cepat saat dipakai harian, dua kali lebih cepat untuk bermain gim saat streaming, dan 2,7 kali lebih cepat untuk editing.

Intel meluncurkan sembilan desain Gen ke-11 untuk seri U-nya dan seri Y. Mulai dari varian yang paling tinggi, yakni Intel Core i7-1185G7 dengan kecepatan 3.0GHz, dorongan turbo hingga 4,8GHz, dan peningkatan semua inti maksimum hingga 4,3GHz. Mereka juga menampilkan versi paling kuat dari grafisnya, yakni Intel Iris Xe dengan 96 CU dan kecepatan grafis 1,35GHz.

Baca juga:

Rilis Tahun Depan, Ini Fitur Canggih AirPods 3

Perbandingan generai ke-11 dari Intel. (Foto: The Verge)
Perbandingan generai ke-11 dari Intel. (Foto: The Verge)

Sayangnya, Intel Iris Xe hanya bisa ditemui di Core i5 dan i7 saja. Sedangkan model Core i3 hanya akan kebagian GPU Intel UHD Graphics yang memiliki 48 EU. Ada pun dukungan display dengan resolusi mencapai 8K HDR dengan opsi penggunaan empat buah layar 4K HDR secara bersamaan.

Rencananya jajaran prosesor ini akan segera hadir di beberapa laptop baru, seperti Acer, Asus, Dell, Dynabook, HP, Lenovo, LG, MSI, Razer, dan Samsung setelah musim gugur 2020. Kita tunggu saja, ya Sobat Merahputih! (and)

Baca juga:

Canggih, Kamera Nikon Kini Bisa Jadi Webcam

#Intel
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan