Intel Resmi Perkenalkan Thunderbolt 4, Bagaimana Spesifikasinya? Bisa dipesan akhir tahun ini. (Foto Macworld)

SUKSES dengan port Thunderbolt 3-nya, perusahaan mikroprosesor Intel kini resmi menghadirkan versi terbarunya, Thunderbolt 4.

Baca juga: Intel Rilis Prosesor vPro Generasi Ke-10 untuk Keperluan Bisnis

Thunderbolt 4 nantinya akan dibangun di atas spesifikasi USB4. Meski Thunderbolt 4 hadir dengan sejumlah fitur baru, kecepatan transfer maksimumnyya tetap sama dengan Thunderbolt 3 dengan kecepatan 40 GB/s.

Thunderbolt 3 menjadi terobosan memberikan dampak besar bagi banyak pengguna teknologi. Generasi ketiga Thunderbolt ini lebih populer dibandingkan generasi sebelumnya, sebab belum mendapatkan adopsi besar-besaran para perusahaan teknologi, seperti Apple dan Windows. Meski begitu, teknologi port ke depannya akan menggunakan bentuk USB Type-C atau Thunderbolt.

“Thunderbolt memberikan konsumen dengan standar konektivitas terkemuka di berbagai perangkat, membantu memajukan pengalaman komputasi, dan memenuhi janji USB-C dengan bentuk sederhana,” kata Jason Ziller, Manajer Umum Intel dari Divisi Konektivitas Klien.

Kehadiran Thunderbolt 4 menggarisbawahi bagaimana Intel memajukan ekosistem Personal Computer (PC) menuju solusi konektivitas umum.

Intel
Mendukung satu layar video dengan resolusi 8K. (Foto XDA Developers)

Meski memiliki kecepatan transfer sama dengan Thunderbolt 3, port terbaru Intel ini memiliki fitur tambahan berupa resolusi video dan data yang didukung denganmulti-port.

Thunderbolt 4 mendukung tampilan video dua layar 4K atau satu layar 8K, bersama dengan transfer data pCIe hingga 32 GB/s.



Intel
Perbedaan dengan port sebelumnya. (Foto Newsroom Intel)


Intel juga mendukung hingga empat port pada satu perangkat dan memiliki panjang kabel mencapai dua meter.

Selain itu, ada tambahan persyaratan perangkat keras lebih ketat untuk laptop. Intel meminta brand besar menyertakan setidaknya satu port Thunderbolt 4 dengan pengisian daya 100W, untuk membantu menyederhanakan pengisian daya pada laptop.

“Kami berharap produk Thunderbolt 4 menjadi titik perubahan bagi pembuat aksesori yang bergantung pada PC dan Mac untnuk mendapatkan kemampuan produk terkemuka di industri teknologi,” kata Ben Thacker, Wakil Presiden dan Manajer Umum di Kensington.

Baca juga: Rekomendasi Laptop 2020 Buat Kamu yang Butuh Efisiensi

Intel mengatakan produsen dapat memesan port Thunderbolt 4 akhir tahun ini. Selain itu, Intel akan mengirimkan Thunderbolt 4 seri 8000 kepada pembuat perangkat akhir tahun ini.

Intel mengatakan port generasi keempatnya ini akan tersedia pertama kali di sistem yang menghadirkan CPU Tiger Lake dan Project Athena di akhir 2020. (and)

Baca juga: Microsoft Surface Book 3 Hadir dengan Spesifikasi Mutakhir


Tags Artikel Ini

Yudi Anugrah Nugroho

LAINNYA DARI MERAH PUTIH