Instruksi Mendagri untuk Kepala Daerah di Papua dan Papua Barat

Zaimul Haq Elfan HabibZaimul Haq Elfan Habib - Kamis, 22 Agustus 2019
Instruksi Mendagri untuk Kepala Daerah di Papua dan Papua Barat
Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo. (MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo menginstruksikan Gubernur, Wali Kota dan Bupati di seluruh Papua dan Papua Barat untuk tidak meninggalkan wilayah masing-masing.

"Untuk sementara tinggal di wilayahnya masing-masing, Jangan pergi dulu ke luar," kata Tjahjo usai rapat dengan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (22/8).

Baca Juga: Mendagri Cari Momen Tepat Temui Gubernur Papua, Papua Barat dan Jatim

Tjahjo juga memerintahkan seluruh kepala daerah di Papua dan Papua Barat untuk terus berkoordinasi dengan Kapolres, Kapolda, Pangdam, serta pihak dari Badan Intelijen Negara (BIN) di daerah masing-masing.

Massa melakukan aksi di Jayapura. (ANTARA FOTO/Gusti Tanati)
Massa melakukan aksi di Jayapura. (ANTARA FOTO/Gusti Tanati)

Tak hanya itu, politikus PDI Perjuangan ini juga meminta kepala daerah berkoordinasi dengan tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat setempat.

"Kalau ada unjuk rasa, kalau ada pengaduan masyarakat, tolong yang menerima adalah kepala daerah didampingi oleh Forkompinda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah)," ujarnya.

Menurut Tjahjo, tugas yang dapat dilakukan pihaknya terkait persoalan Papua dan Papua Barat hanya sebatas itu. Pasalnya persoalan tersebut saat ini sudah ditangani Kementerian Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Kemko Polhukam). "Papua sudah di take over oleh pak Menkopolhukam," tutup Tjahjo. (Pon)

Baca Juga: Kemendagri Pilih Jatim Sebagai Lokasi Penyelesaian Kasus Kerusuhan Papua

#Papua #Rasis #Tjahjo Kumolo
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan