Instagram Uji Prosedur Baru untuk Mengakses Akun yang Diretas Intagram membuat prosedur keamanan baru untuk akun user. (Foto: Pexels/Energepic)

INSTAGRAM dikabarkan sedang menguji beberapa fitur yang memberikan kemudahan bagi usernya. Salah satu yang diujicoba adalah memberikan akses pada user yang akunnya diretas.

Akun yang diretas oleh orang biasanya karena menyerahkan user ID dan password pada peretas. Jika sudah mendapatkan semuanya, peretas akan mengubah alamat email dan nomor telepon yang sah. Nah disini Instagram memainkan perannya.

Instagram akan mengirimkan permintaan verifikasi dari alamat email dan nomor telepon yang teregistrasi pada awal pembuatan akun. Kemudian, Instagram mengirimkan enam digit kode acak dan memungkinkan para korban dapat mengakses kembali akun Instagramnya.

akun
Langkah Untuk Mengembalikan Akun yang Diretas (Foto: TheVerge Instagram)


Setelah akun kembali, Instagram akan meminta kamu melakukan langkah-langkah tambahan agar hacker tidak dapat mengakses akun kamu lagi.

Proses ini dapat melindungi orang yang nama penggunanya diubah . Instagram mengatakan fitur lain yang sudah tersedia di Android akan memastikan nama pengguna aman untuk jangka waktu tertentu, setelah perubahan akun, artinya akun kamu tidak bisa di retas oleh orang lain.

akun
Para Peretas Mencari Akun yang Berharga (Foto: Pexels/Omkar Partyane)


Para peretas biasanya mencari akun Instagram yang berharga untuk mendapatkan tebusan. Sistem baru ini memudahkan korban untuk kembali mendapatkan akunnya. Sistem yang lama dirasa terlalu bertele-tele dan tidak efektif. Dahulu untuk mendapatkan akunnya kembali, user harus memotret dirinya dengan selembar kertas bertuliskan kode yang dikirimkan sebelumnya oleh Instagram. (ape)


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH