Teknologi

Instagram Uji Fitur Rehat Sejenak

Dwi AstariniDwi Astarini - Senin, 15 November 2021
Instagram Uji Fitur Rehat Sejenak
(cover) Instagram uji fitur Rehat sejenak. (Foto Unsplash_Alexander Shatov)

KEPALA Instagram Adam Mosseri mengatakan platformnya sedang menguji fitur 'Take a Break' (rehat sejenak), Rabu (10/11). Fitur itu dihadirkan untuk memberikan pengingat kepada para pengguna ketika mereka telah menghabiskan waktu lama di Instagram.

Seperti dilansirThe Verge, Rabu (10/11), “Fitur itu akan bekerja sesuai dengan apa yang kamu pikirkan,” kata Mosseri dalam sebuah video yang diunggah ke Twitter. “Jika kamu ikut serta (uji coba), fitur akan memintamu untuk berhenti sejenak dari Instagram setelah kamu menghabiskan waktu tertentu di aplikasi, semisal 10, 20, atau 30 menit,” katanya.

BACA JUGA:

Instagram Perbarui Sistem Keamanannya dan Uji Coba Fitur Bagikan Ulang

Mosseri mengatakan fitur itu merupakan upaya lebih jauh Instagram untuk memberi pengguna lebih banyak kendali atas pengalaman mereka di Instagram. “Pada akhirnya, kamu tahu apa yang terbaik untuk kamu dalam menggunakan aplikasi. Kami ingin memastikan bahwa kami menyediakan alat untuk kamu, sehingga Instagram menjadi sesuatu yang cocok untukmu,” ujarnya.

instagram
Unggahan Adam Mosseri mengenai fitur rehat sejenak ini. (Foto Twitter_mosseri)

Pengujian fitur Take a Break dilakukan dengan pengawasan ketat oleh Instagram dan perusahaan induknya, Meta (sebelumnya Facebook). Fitur ini dihadirkan setelah pelapor Frances Haugen bersaksi di depan Kongres tentang penelitian internal perusahaan yang menunjukkan Instagram dapat memiliki efek negatif pada kesehatan mental anak muda.

Kepada peneliti perusahaan, para remaja yang disurvei mengatakan mereka merasa 'kecanduan' menggunakan Instagram, tetapi tidak memiliki kendali diri untuk mengurangi penggunaannya, meskipun mereka jarang memeriksa aplikasi itu.

Oktober lalu, Wakil Presiden Urusan Global Instagram Nick Clegg mengatakan kepada CNN bahwa mereka sedang mengerjakan fitur Take a Break bersama dengan fitur serupa lainnya. Semuanya dengan mempertimbangkan pengguna remaja.

"Ketika sistemnya mendapati seorang remaja melihat konten yang sama berulang-ulang, dan konten itu mungkin ‘tidak baik’ untuk mereka, kami akan mendorong mereka untuk melihat konten lain,” kata Clegg.

instagram
Tampilan fitur rehat sejenak nantinya. (Foto Twitter_mosseri)

Seorang juru bicara perusahaan mengonfirmasi bahwa pengguna harus memilih fitur untuk mengaktifkannya. Ia juga mengatakan dalam e-mail ke The Verge bahwa itu akan 'mengirimkan remaja pemberitahuan yang mendesak mereka untuk mengaktifkannya'.

Dalam video yang dibagikan Mosseri, secara sekilas, fitur terlihat berupa prompt akan ditampilkan di feed pengguna, tetapi tidak akan mengambil alih seluruh bagian layar. Jadi, secara teori, seseorang dapat menggulir melewatinya.

Jika pengguna memilih 'hidupkan', mereka kemudian akan diminta untuk memilih berapa lama waktu yang ingin mereka habiskan di aplikasi sebelum mereka menerima pengingat. Pengingat kemudian akan muncul dengan daftar saran seperti, 'tarik napas dalam-dalam, tulis apa yang kamu pikirkan, dengarkan lagu favoritmu, lakukan sesuatu di daftar tugasmu'.(kna)

#Teknologi #Instagram
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan