Instagram Uji Coba Tiga Desain Layout Baru Instagram hadirkan tiga desain layout baru (Foto: engadget)

SALAH satu media sosial terpopuler saat ini yaitu Instagram, dikabarkan tengah menguji coba tiga buah desain layout baru. Ketiga desan tersebut, dirancang untuk menonolkan dua buah fitur baru yang cukup menarik, yakni Reels dan shopping pada menu horizontal di bagian bawah aplikasil .

Uji coba tersebut dikabarkan langsung oleh Adam Mosseri, Bos Instagram, lewat akun twitter pribadinya. Ketiga layout baru itu tampak berbeda, namun semuanya mengakomodasi tab baru untuk fitur Reels serta shopping.

Baca Juga:

Mengintip Canggihnya Kamera Masa Depan, Berkekuatan 3.200 Megapixel

Seperti yang dilansir dari Business Insider, pada salah satu layout tab Reels tampak menggantikan ta Explore, sementara tab Shopping menggantikan tab activity. Lalu, untuk tab explore dan activity dipindah pada sudut kanan atas aplikasi, tepat disebelh kotak masuk.

Untuk variasi lainnya, Instagram memasukan selurug tab pada menu horizontal bagian bawah. Lalu untuk tombol membuat postingan baru, digeser ke bagian kanan atas.

Melalui Twitter juga, Adam Mosseri juga menjelaskan soal perubahan desain tersebut. Adam mengatakan desain itu mencerminkan pergeseran pengguna ketika menggunakan aplikasi instagram.

"Perubahan ini mencerminkan perubahan yang kami lihat dari orang-orang, baik dalam cara mereka menggunakan produk tetapi juga cara mereka mendorong kemajuan budaya di Instagram: kebangkitan pembuat konten, ledakan video, percepatan belanja online. Kami ingin beradaptasi dengan perubahan ini sambil menjaga semuanya tetap sederhana" jelas Adam.

Baca Juga:

Apple Music Tumbuh Lebih Cepat Ketimbang Spotify

Instagram akan menguji coba perubahan layout secara global (Foto: pixabay/webster27033)

Kepada Business Insider, juru bicara Instagram menjelaskan bahwa mereka akan menguji coba perubahan itu secara global, dalam beberapa minggu kedepan, dan akan melibatkan sedikit orang dalam komunitasnya.

Perubahan desan layout baru itu tentunya akan membawa Reels pada halaman utama Instagram. Fitur yang belum lama diluncurkan tersebut, dibuat untuk menyaingi popularitas aplikasi berbagi video TikTok. Di mana para pengguna dapat membuat video pendek yang dapat diedit lalu dikombinasikan dengan musik.

Pindahnya Reels ke halaman utama Instagram datang ketika nasib TikTok di Amerika Serikat tengah 'tidak jelas'. Karena seperti yang sebelumnya diberitakan, Presiden Donald Trump mengancam akan memblokir Tiktok di Amerika SErikat bila tidak dijual. Namun perkembangan terakhir mengindikasikan ByteDance tak perlu menjual TikTok. (Ryn)

Baca Juga:

Menyingkap Ponsel Pintar yang Bisa Berubah Warna

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH