Media Sosial
Instagram Uji Coba Fitur Pemberitahuan Saat 'Down' Instagram Uji Coba Fitur Pemberitahuan Saat 'Down' (Foto: engadget)

PADA Selasa (5/10) pekan lalu, sejumlah pengguna di berbagai negara termasuk Indonesia, mengeluhkan bahwa aplikasi seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp tidak bisa diakses selama beberapa jam.

Banyak pengguna yang mengira hal ini terjadi karena ponsel eror, paket data habis, hingga menyalahkan provider. Padahal, 'erornya' sejumlah aplikasi tersebut karena masalah yang dialami oleh pengembang aplikasi tersebut.

Baca Juga:

Facebook Rilis Sejumlah Fitur Baru untuk Messenger dan Instagram

Berangkat dari hal itu, pihak Instagram mengumumkan sedang memulai uji coba fitur baru, yang akan memberitahu para penggunanya apabila layanannya mengalami gangguan atau 'Down'.

Instagram akan hadirkan fitur pemberitahuan saat 'down'. (Foto: campaignlive)

Adapun fitur baru tersebut nantinya akan muncul pada bagian atas 'Activity Feed', yang berisi tentang peringatan terjadinya gangguan, serta informasi ketika gangguan sudah teratasi.

Fitur tersebut dibuat oleh Instagram, setelah pihaknya melakukan diskusi dengan komunitas dan penelitian ekstensif. Seperti yang dilansir dari laman iMore, pihak Instagram menjelaskan bahwa gangguan Instagram membuat para penggunanya frustasi. Karena itu, pihak Instagram ingin agar para pengguna bisa mengetahui apa yang sedang terjadi, langsung dari Instagram mereka masing-masing.

Baca Juga:

Facebook Tunda Penggarapan Instagram Kids, Ada Apa?

Namun, pihak Instagram menjelaskan bahwa aplikasi tersebut tidak akan mengirimkan notifikasi setiap kali terjadi gangguan. Tapi, apabila banyak pengguna yang bingung dan membutuhkan jawaban, maka Instagram akan mengirim pemberitahuan tersebut.

"Kami tengah menguji fitur baru yang akan memberitahu kamu di 'Activity Feed' ketika Instagram mengalami gangguan atau masalah teknis, atau saat sudah teratasi," tutur pihak Instagram.

Kabarnya fitur tersebut akan diuji coba di Amerika Serikat selama beberapa bulan ke depan. Kemudian, ada kemungkinan pengujian tersebut akan diperluas ke sejumlah negara lainnya. Dengan hadirnya fitur tersebut, tentunya akan memudahkan para pengguna untuk mengetahui apa yang terjadi bila instagramnya bermasalah di saat instagram sedang 'down'.

Fitur yang diuji coba instagram akan memudahkan para pengguna untuk mengetahui apa yang terjadi bila instagramnya bermasalah. (Foto: pixabay/webster2703)

Perusahaan-perusahaan milik Mark Zuckerberg tersebut akhirnya angkat bicara mengenai masalah ini. Mereka memberikan pernyataan singkat soal masalah yang dialami ketiga aplikasi tersebut. Melalui akun Twitter, Facebook mengakui bahwa beberapa penggunanya mengalami kesulitan mengakses aplikasi dan produk-produknya. Kini pihak Facebook tengah melakukan investigasi mencari penyebab masalah tersebut.

"Kami sedang berupaya agar semuanya kembali normal secepat mungkin, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini," tulis akun Facebook.

Selain Facebook, WhatsApp melalui akun Twitter resminya, pun telah meluncurkan tweet perihal masalah yang terjadi. Senada dengan Facebook, pihak WhatsApp juga tengah menyelidiki penyebab gangguan yang terjadi pada penggunanya di seluruh dunia.

"Kami menyadari bahwa sejumlah orang mengalami masalah dengan WhatsApp saat ini. Kami sedang berupaya untuk mengembalikan semuanya menjadi normal dan akan mengirimkan pembaruan di sini sesegera mungkin, Terima kasih atas kesabarannya," tulis akun WhatsApp di twitter. (ryn)

Baca Juga:

Instagram Angkat Bicara Soal Tudingan Sensor Konten Pro-Palestina

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Figur 'The Mandalorian' ala Era Sengoku dari Tamashii Nations
Fun
Figur 'The Mandalorian' ala Era Sengoku dari Tamashii Nations

Akan mendapatkan baju Karuta dan Hakama ala prajurit Samurai.

Cara Cerdas 'Styling' Kemeja Putih, Item Fesyen yang Paling Fungsional dan 'Timeless'
Fashion
Segudang Manfaat Tea Tree Oil untuk Rambut
Fun
Segudang Manfaat Tea Tree Oil untuk Rambut

Tea tree oil mampu membuat rambut sehat.

Ezra Walian Disambut Almere City
Fun
Ezra Walian Disambut Almere City

Ezra Walian bermain untuk Almere City selama dua tahun.

Jurus Anti-Ngedrop di Minggu Terakhir Puasa
Hiburan & Gaya Hidup
Jurus Anti-Ngedrop di Minggu Terakhir Puasa

Sebanyak 70 persen dari sistem imunitas adanya di pencernaan.

Tangguhnya Pemuda Sandwich Generation: Matematika Tuhan Tidak Pernah Salah
Fun
Tangguhnya Pemuda Sandwich Generation: Matematika Tuhan Tidak Pernah Salah

Sandwich generation atau generasi sandwich adalah kelompok individu yang bertanggung jawab atas kehidupan orang tua dan anak-anak mereka

Kunci Keberhasilan Rifat Sungkar Raih Juara Sprint Rally 2021
Fun
Kunci Keberhasilan Rifat Sungkar Raih Juara Sprint Rally 2021

Rifat menggunakan mobil ini pada kompetisi Sprint Rally 2021.

Sastra Diharapkan Tetap Jadi Inspirasi di Industri 4.0
Fun
Sastra Diharapkan Tetap Jadi Inspirasi di Industri 4.0

Sasta diharapkan hadir sebagai sumber inspirasi pembangunan karakter.

Game Face bakal Bikin Tampilan Street Fighter 6 Lebih Ekspresif
Fun
Game Face bakal Bikin Tampilan Street Fighter 6 Lebih Ekspresif

Membuat konsep Street Fighter 6 ini menjadi lebih mantap daripada kata street tersebut.

3 Tren Masa Depan Dunia Pariwisata
Travel
3 Tren Masa Depan Dunia Pariwisata

Mana yang paling mungkin terjadi dalam waktu dekat?