Instagram Perketat Aturan ‘Post' Produk Pelangsing dan Kecantikan Instagram akan memperketat endorsement pelangsing dan kecantikan. (Foto: Pexels/Pixabay)

KAMU pasti sering melihat unggahan di Instagram tentang produk pelangsing atau kecantikan. Apakah unggahan tersebut terkesan seperti iklan atau semacamnya?

Jika kamu merasa seperti itu, mungkin unggahan yang sering kamu lihat adalah endorsement. Yap, unggahan itu adalah salah satu cara untuk memperoleh penghasilan tambahan melalui Instagram.

Baca Juga:

Waspada Serangan 'Phising' di Media Sosial, Begini Cara Menghindarinya

pelangsing
Padahal endorsement adalah salah satu bentuk strategi pemasaran (Foto: Pixabay/FotografieLink)


Endorsement pada dasarnya adalah salah satu dari bentuk iklan. Perusahaan memberikan uang atau barang kepada orang yang nantinya mengunggah produk perusahaan tersebut lewat Instagram. Nah, biasanya orang yang mendapatkan tawaran ini adalah selebriti atau selebgram yang memiliki banyak follower.

Sayangnya banyak bentuk endorsement yang enggak terlihat seperti iklan. Alhasil banyak orang yang enggak tahu kalau mereka itu sedang terpapar oleh iklan. Ini akhirnya kadang membawa akibat buruk. Seperti contohnya pada endorsement produk kecantikan seperti pelangsing ataupun kosmetik, orang awam tidak melihat tersebut sebagai iklan tapi seperti testimoni produk.

Akhirnya banyak orang yang mencoba produk tersebut. Enggak masalah kalau produk yang diiklankan berkualitas. Tapi kalau sebaliknya? Inilah yang dapat membahayakan kesehatan banyak orang apalagi para remaja.

Baca Juga:

Kamu Ingin Berhenti Bermain Media Sosial Selamanya? Baca Nih Kiat-kiatnya

pelangsing
Banyak remaja yang tidak percaya diri dengan wajah dan tubuh mereka akhirnya sangat mudah termuslihat dengan iklan bergaya endorsement itu. (Foto: Pixabay/fsHH)


Di zaman ini remaja suka malu terhadap badan mereka sendiri. Alhasil banyak dari mereka yang tertipu dengan teknik endorsement di Instagram. Karena biasanya dalam endorsement tertulis kata-kata ajaib seperti "turunkan berat badan secara instan" dan semacamnya. Orang yang mengunggah pun biasanya memiliki badan yang bagus sehingga endorsement tersebut terlihat meyakinkan.

Melihat fenomena ini, Instagram akan membatasi unggahan-unggahan berbau endorsement. Orang-orang di bawah 18 tahun tidak lagi dapat melihat unggahan-unggahan tersebut. Seperti yang diungkapkan laman The Verge, Instagram bahkan akan menghapus unggahan tersebut.

London Evening Standards mewawancarai Emma Collins, Public Policy Manager Instagram, aturan ini dibuat sesuai dengan tujuan yang ada. Yaitu membuat platform Instagram menjadi sebuah tempat yang positif bagi semua orang. Mengurangi dampak dan tekanan dari media sosial yang sering orang rasakan.

Selain itu, Instagram telah membuat ruang untuk iklan. Namun entah karena lebih murah dan menjangkau banyak orang, banyak perusahaan lebih memilih jasa endorsement. Dengan adanya kebijakan baru ini, bisa jadi pengguna Instagram tak akan lagi melihat banyak unggahan endorsement. (sep)


Baca Juga:

Media Sosial Kerap Digunakan untuk Aksi Mata-Mata, Masyarakat Diminta Waspada



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH