Media Sosial

Instagram Memperkenalkan Fitur Pengawasan Orang Tua

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Rabu, 08 Desember 2021
Instagram Memperkenalkan Fitur Pengawasan Orang Tua
Instagram akan meluncurkan fitur pengawasan orang tua baru di platformnya pada Maret 2022. (Foto: The Verge)

ORANG tua tak perlu lagi was-was mengawasi anak bermain Instagram. Kepala Layanan Instagram Adam Mosseri telah mengumumkan dalam sebuah postingan di Twitter bahwa Instagram akan meluncurkan fitur pengawasan orang tua baru di platformnya pada Maret 2022.

Fitur tersebut akan mengizinkan orang tua dan wali untuk melihat berapa banyak waktu yang dihabiskan oleh sang anak di Instagram. Kemudian orang tua juga bisa menetapkan batas waktu dan mendapatkan pemberitahuan ketika seorang anak melaporkan seseorang. Fitur pengawasan diumumkan sebagai paket fitur baru yang dirancang untuk membuat platform berbagai foto ini menjadi tempat yang lebih aman, terutama bagi pengguna remaja.

Baca Juga:

Instagram akan Hilangkan Fitur Swipe Up?

Menurut postingan Mosseri di Twitter, fitur keamanan ini diluncurkan agar anak hingga remaja pengguna Instagram aman dari pengaruh buruk yang diberikan pihak tidak bertanggung jawab melalui media sosial ini. Dalam waktu dekat, Mosseri akan bersaksi di depan Komite Senat, yang kemungkinan akan ditanyai tentang dampak Instagram pada pengguna mudanya.

Konfirmasi Mosseri melalui Twitter. (Twitter/@mosseri)

The Verge melaporkan selain fitur pengawasan orang tua, Instagram sedang mengembangkan pusat pendidikan bagi orang tua dan wali untuk memberikan tips dan tutorial tentang penggunaan media sosial anak-anak.

Kemudian Instagram akan segera meluncurkan fitur "Ambil Istirahat" yang mulai diuji bulan lalu. Fitur tersebut meminta pengguna untuk menjauh dari aplikasi selama jangka waktu tertentu, seperti 10, 20, atau 30 menit.

Baca Juga:

Cara Hapus Instagram Search History dan Search Suggestions

Notifikasi akan meminta pengguna untuk mengaktifkan fitur tersebut dan Instagram mengatakan 90 persen pengguna dalam pengujian telah meninggalkan aplikasi setelah fitur tersebut diaktifkan. Fitur ini sudah tersedia mulai Selasa (7/12) di Amerika Serikat, Inggris, Irlandia, Kanada, Selandia Baru, dan Australia. Sedangkan untuk secara global akan tersedia awal 2022.

Instagram sedang mengembangkan pusat pendidikan bagi orang tua dan wali. (Foto: Canopy App)

Fitur keamanan baru lainnya termasuk perubahan cara Instagram menangani hak untuk menandai pengguna remaja, yang akan diluncurkan secara global awal 2022. Menurut Mosseri, layanan tersebut tidak lagi memungkinkan pengguna untuk menandai atau menyebut pengguna remaja secara default.

Lalu ada juga fitur penghapusan massal baru yang akan diluncurkan pada Januari 2022. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghapus postingan, suka dan komentar secara massal. Mosseri mengatakan hal tersebut membantu pengguna untuk mengelola jejak digitalnya. (frs)

Baca Juga:

Instagram hadirkan fitur terjemahan teks di Story



#Media Sosial #Instagram #Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan