Instagram Luncurkan Fitur ‘Dukung Bisnis Kecil’ untuk Bantu UMKM Fitur baru Instagram untuk dukung UMKM (Foto: Instagram)

BELAKANGAN ketika membuka aplikasi Instagram, kamu pasti pernah melihat stiker baru di sudut paling kiri deretan story orang yang kamu follow. Nah, stiker bernama ‘Dukung Bisnis Kecil’ ini adalah fitur terbaru yang diluncurkan oleh pihak Instagram untuk mendukung semua pengusaha kecil dan menengah dalam menghadapi situasi sulit akibat pandemi Corona.

Instagram Luncurkan Fitur ‘Dukung Bisnis Kecil’ untuk Bantu UMKM
Stiker ini membantu pengusaha agar tetap bisa menjangkau dan berkomunikasi dengan pelanggannya (Foto: Instagram/@sesiliasamantha)

Pihak Instagram mengeluarkan stiker baru ini untuk menolong UMKM yang mengalami kesulitan dalam menjalankan bisnisnya akibat wabah Corona.

“Pelaku bisnis menghadapi tantangan besar akibat wabah COVID-19 ini. Oleh karena itu, dukungan sangat diperlukan agar para pengusaha, komunitas, serta ekonomi dunia tetap bertahan melewati masa ini. Hari ini, kami mengumumkan cara baru untuk mempromosikan dan mendukung bisnis kecil,” tulis Tim Bisnis Instagram pada 11 Mei 2020.

Baca juga:

Mengintip Bocoran 'Calon' Fitur-fitur Baru yang Akan Hadir di Instagram

Harapannya dengan adanya fitur baru ini, pengusaha bisa tetap menjangkau dan menjalin komunikasi dengan pelanggannya. Stiker ‘Dukung Bisnis Kecil’ ini juga memudahkan pengguna untuk berbagi informasi mengenai bisnis melalui Instagram Story sehingga para followers bisa melihat profil dari bisnis tersebut. Soalnya followers bisa langsung mengetuk akun bisnis yang dibagikan itu dan mendapat detail dari usahanya.

Instagram Luncurkan Fitur ‘Dukung Bisnis Kecil’ untuk Bantu UMKM
Stiker ini membantu pengusaha agar tetap bisa menjangkau dan berkomunikasi dengan pelanggannya (Foto: Instagram/@sesiliasamantha)

Bagaimana cara menggunakannya? Stiker ‘Dukung Bisnis Kecil’ ini bisa kamu taruh dan unggah di Instagram Story, sehingga otomatis kamu akan mention bisnis kecil yang kamu tulis. Akun bisnis yang di-tag juga pasti akan langsung mendapat notifikasinya.

Selain itu, ketika menggunakan stiker ini, semua stories yang juga memakai stiker tersebut akan disatukan dan akan muncul di dalam ikon ‘Support Small Business’ yang bisa kamu temukan di bagian paling kiri deretan Instagram Story.

Baca juga:

Tren Seru Media Sosial yang Ramai Dilakukan saat #DiRumahAja

Berikut langkah-langkah penggunaan stiker ‘Dukung Bisnis Kecil’ ini:

1. Buka aplikasi Instagram, lalu unggah gambar ataupun video yang ingin diunggah ke Instagram Story

2. Pilih opsi stiker dengan cara swipe up atau tekan logo stiker di bagian atas. Kemudian pilih stiker ‘Support Small Business’ berwarna biru yang ada di bagian paling atas.

3. Tulis akun bisnis yang mau kamu mention

4. Setelahnya kamu hanya perlu mengunggah story tersebut deh

Selain Instagram, Facebook juga sudah merilis fitur yang ditujukan untuk mendukung bisnis kecil menengah ini. Seperti dikutip dari laman The Hindu Business Line, fitur baru itu dinamakan ‘Business Nearby’ yang akan membantu pengguna menemukan UMKM di lingkungan sekitarnya dengan jarak tertentu. (sam)

Baca juga:

IGTV Hadirkan Tampilan Baru yang Memudahkan Konten Kreator



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH