Instagram Luncurkan Amber Alert untuk Bantu Pencarian Anak Hilang

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Kamis, 09 Juni 2022
Instagram Luncurkan Amber Alert untuk Bantu Pencarian Anak Hilang
Ilustrasi anak hilang. (Foto: Unsplash/Tadeusz Lakota)

INSTAGRAM telah meluncurkan fitur Amber Alert di platformnya pada awal Juni 2022. Fitur ini dibuat untuk memberi tahu pengguna tentang anak-anak yang hilang di daerah sekitarnya. Fitur peringatan anak hilang tersebut nantinya akan tersedia di Amerika Serikat dan 24 negara lainnya.

Amber Alerts dirancang untuk bisa dibagikan dengan teman-teman di platform dan menyebarkan informasi lebih lanjut mengenai anak hilang dengan membagikan rincian seperti foto, deskripsi, dan lokasi dugaan penculikan.

Baca juga:

Instagram Ingin Pengguna Membuat Konten ‘Legit’

Instagram Luncurkan Amber Alert untuk Bantu Pencarian Anak Hilang
Amber Alert nantinya akan memberikan informasi tentang anak hilang. (Foto: Meta)

"Kami tahu bahwa peluang menemukan anak hilang meningkat ketika lebih banyak orang waspada, terutama dalam beberapa jam pertama," kata Emily Vacher selaku direktur kepercayaan dan keamanan di perusahaan induk Instagram (Meta), dalam sebuah unggahan blog.

Unggahan blog tersebut juga menjelaskah bahwa, "Dengan pembaruan ini, jika 'Peringatan Kuning' diaktifkan oleh penegak hukum dan kamu berada di area pencarian yang ditentukan, peringatan itu segera akan muncul di feed Instagram kamu."

Vacher menjelaskan bahwa jika pengguna Instagram mendapatkan peringatan yang tertulis 'rare and specific to the search area', tandanya sedang ada pencarian aktif untuk anak hilang di sekitar kamu.

Baca juga:

Instagram Uji Coba Tampilan Feed Selayar Penuh Seperti TikTok

Instagram Luncurkan Amber Alert untuk Bantu Pencarian Anak Hilang
Fitur ini sangat membantu dalam proses pencarian anak hilang. (Foto: Meta)

Sementara untuk memberikan informasi mengenai anak hilang, Instagram mengatakan akan menggunakan kota yang terdaftar di profil pengguna serta alamat IP dan layanan lokasi pengguna (jika fitur ini diaktifkan).

Vacher juga menjelaskan bahwa Pembaruan ini dikembangkan dalam kemitraan dengan berbagai organisasi termasuk Pusat Nasional untuk Anak Hilang & Tereksploitasi.

Di sisi lain, Presiden dan CEO di National Center for Missing & Exploited Children Michelle Delaune juga memberikan tanggapan positif dengan mengatakan, "kami tahu bahwa foto adalah alat penting dalam pencarian anak hilang dan dengan memperluas jangkauan ke pengguna Instagram, kami akan dapat berbagi foto anak hilang dengan lebih banyak orang."

Sebelumnya, fitur Amber Alert ini juga sudah diluncurkan pada platform Facebook pada 2015. Sementara, kompetitor bisnis mereka yakni Google, juga sudah lebih dahulu mengeluarkan fitur Amber Alert kepada pengguna alat Pencarian dan Peta pada 2012. (Ref)

Baca juga:

Editing Tools Kini Tersedia pada Reels Instagram dan Facebook

#Instagram #Media Sosial #Anak Hilang
Bagikan
Ditulis Oleh

Ananda Dimas Prasetya

nowhereman.. cause every second is a lesson for you to learn to be free.
Bagikan