Instagram Hapus Tab Following Instagram membuang tab Following. (foto: yahoo business)

MEDIA sosial Instagram selalu merilis berbagai fitur bagi para penggunanya. Namun, rilisan fitur kali ini cukup berbeda. Instagram memutuskan untuk menghapus salah satu fitur lawasnya, yakni tab Following. Fitur itu biasanya digunakan untuk stalking atau melihat apa saja yang disukai, dikomentari, atau diikuti dalam beberapa menit terakhir.

Kini, pengguna Instagram tidak lagi memiliki tempat khusus untuk melihat apa yang disukai teman-teman mereka secara real time.

BACA JUGA: Nokia 800 Tough Penerus Kekuatan 3310 dan 5110

Fitur tab Following ini bisa kamu temui dengan membuka tab notifikasi atau ikon berbentuk love, lalu menggeser layar ke kanan. Setelah tab Following diputuskan untuk dihapus, Senin (7/10), kini tinggal notifikasi pemilik akun saja yang tersisa. Fitur Following merupakan salah satu fitur pertama yang diperkenalkan Instagram pada 2011, sebelum tab Explore yang sekarang sangat populer.

Saat diluncurkan, tab Following membuat pengguna bisa melihat konten baru dari unggahan yang disukai atau dikomentari orang yang mereka ikuti. Pada kenyataannya, tab itu tidak digunakan banyak pengguna. Sejumlah pengguna tidak menyadari aktivitas mereka dapat dilihat banyak orang, sehingga banyak laporan kritik dari pengguna.

instagram
Tab Following dihilangkan. (foto: Business Insider)

Dilansir BuzzFeed, Vishal Shah, selaku pemimpin produk Instagram, mengonfirmasi penghapusan tab Following. Ia mengatakan fitur tersebut tidak sering digunakan pengguna, bahkan mungkin banyak yang tidak mengetahui tab Following. "Orang-orang tidak selalu tahu bahwa aktivitas mereka muncul ke permukaan. Jadi kamu memiliki satu hal yang tidak digunakan untuk hal yang kamu buat. Itu juga menyebabkan orang-orang terkejut ketika mengetahui aktivitas mereka muncul," ungkap Shah.

Menurutnya, kesederhanaan menjadi faktor utama dalam menghapus tab Following. Namun, penghapusan tab Following itu belum tersebar merata kepada para pengguna. Selain itu, Instagram dikabarkan sudah menghadirkan fitur dark mode. Kabarnya, fitur itu sudah ada di beberapa pengguna.(And)

BACA JUGA: Microsoft Buat Ponsel Lipat Dua Wajah



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH