Mungkinkah Facebook Perketat Iklan Politik? Facebook dan Instagram akan memperketat iklan politik (Foto: pixabay/simon)

PADA unggahan yang diterbitkan newsroom, Facebook menggariskan kebijakan pada prinsip bahwa 'orang harus bisa mendengar dari orang-orang yang ingin memimpin mereka' dan 'apa yang mereka katakan harus diteliti dan diperdebatkan di depan umum'.

Facebook ingin menawarkan lebih banyak transparansi dan kontrol atas iklan politik. Ini ditunjukan untuk para pengguna Instagram dan Facebook, seperti yang dilansir dari laman The Verge.

Baca Juga:

Instagram Akan Larang Influencer Promosikan Vape? Kenapa?

Facebook tawarkan transparansi dan kontrol atas iklan politik (Foto: pixabay/firmbee)

Sejak tahun lalu facebook memang memperketat iklan-iklan berbau politik. Facebook terkesan membebaskan orang untuk membuat iklan apapun, meskipun tidak pada fakta yang sesungguhnya.

Akibatnya kebijakan itu dikritik keras baik secara internal maupun eksternal. Senator Demokrat Elizabeth Warren pun menerbitkan iklan Facebook yang sengaja menyesatkan, sebagai tantangan langsung terhadap kebijakan itu, tapi Facebook tetap kokoh dengan kebijakannya.

Daripada melakukan perubahan besar pada kebijakannya tentang iklan politik, Facebook justru memberikan pada penggunanya kontrol lebih besar atas iklan yang mereka lihat. Aktivitas ini mirip dengan jika kamu ingin melihat lebih sedikit iklan topik-topik tertentu.

Facebook mengatakan akan menambahkan kontrol baru untuk membuatmu melihat lebih sedikit iklan masalah politik dan sosial di Facebook dan Instagram. Kabarnya kontrol itu akan diluncurkan pada musim panas di Amerika serikat.

Baca Juga:

Fitur Mirip 'Instagram Close Friends' Akan Hadir di Facebook?

Facebook tak melarang iklan politik sepenuhnya (Foto: pixabay/simon)

Facebook pun mengatakan jika tengah menambahkan lebih banyak fitur ke perpustakaan iklannya. Ini memungkinkan siapa saja bisa melihat iklan politik dan kampanye berjalan di facebook. Termasuk seberapa banyak orang yang berusaha dijangkau oleh pengiklannya. Kemudian Facebook akan mencatat peningkatan itu. Ini adalah bagian dari rencana pembaruan yang dijadwalkan pada kuartal pertama tahun ini.

CEO Facebook Mark Zuckerberg di Universitas Georgetown pada oktober lalu, mengatakan tak tepat bagi persuahaan swasta untuk menyensor aktivitas politik. "Kemudian mengatakan bahwa iklan politik adalah bagian penting mendapatkan suara untuk kandidat lokal, penantang yang akan datang, dan kelompok advokasi yang mungkin tak mendapat banyak perhatian media . Hari ini Facebook menyerukan industri untuk diatur oleh aturan yang bertanggung jawab secara demokratis tentang iklan politik," jelas Zuckenberg.

Kebijakan Facebook berbeda dengan perusahaan teknologi lainnya. Seperti Twitter memutuskan untuk melarang iklan politik sepenuhnya pada akhir Oktober lalu. Sementara Google mengeluarkan batasan baru yang keras pada iklan politik. Pada bulan Desemberlalu, Spotify juga mengambil keputusan untuk 'meninjau ulang iklan politik di platformnya. (ryn)

Baca Juga:

Deretan Fitur Terbaru WhatsApp yang Segera Dirilis, Intip Yuk Kecanggihannya

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH