Teknologi

Instagram akan Hapus Tombol Belanja

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Rabu, 11 Januari 2023
Instagram akan Hapus Tombol Belanja
Instagram ingin kembali berfokus sebagai platform berbagi foto dan video. (Foto: 9to5mac)

SEJAK 2018 Instagram mulai memperkenalkan fitur belanja di aplikasi ponselnya untuk memungkinkan pengguna membeli produk yang mereka lihat di foto dan video. Perusahaan besutan Meta itu bahkan menambahkan 'tab belanja' di halaman beranda aplikasinya pada 2020 sebagai upaya untuk mendorong fitur ini lebih jauh.

Namun, seperti diberitakan 9to5mac, Senin (9/1), Instagram sekarang mengambil langkah mundur karena akan segera menghapus 'tab belanja' dari aplikasinya. Dalam sebuah artikel di halaman dukungan, Meta mengonfirmasi bahwa 'tab belanja' akan dihapus dari aplikasi Instagram.

Baca Juga:

Instagram Hadirkan Fitur Remix Foto

Perubahan tersebut akan diluncurkan pada Februari. Instagram mengatakan dengan dihapusnya 'tab belanja', akan memudahkan orang untuk berbagi dan terhubung dengan teman atau ketertarikan mereka. Tombol untuk membuat unggahan baru di Instagram akan kembali ditempatkan di tengah kolom 'tab'.

Tombol membuat konten akan kembali ke posisi tengah kolom 'tab'. (Foto: Unsplash/Claudio Schwarz)



Tapi berita ini tidak mengejutkan. The Information pada bulan September telah melaporkan bahwa Instagram berencana untuk mengurangi fitur belanjanya secara drastis. Perusahaan memberi tahu karyawannya bahwa mereka mengalihkan upaya membuat e-commerce itu. Instagram lebih memilih untuk fokus ke bisnis periklanan, yang merupakan sumber pendapatan utama Meta.

Namun, bukan berarti fitur belanja akan dihapus sepenuhnya dari Instagram. Perusahaan menjelaskan bahwa mereka akan terus berinvestasi dalam pengalaman berbelanja di dalam aplikasi Instagram untuk perorangan maupun bisnis.

Baca Juga:

Instagram Tingkatkan Batas Waktu Harian, untuk Apa?


“Mulai Februari, kami mengubah navigasi Instagram untuk memudahkan orang (dalam) berbagi dan terhubung dengan teman atau ketertarikan mereka. Kolom navigasi di bagian bawah aplikasi sekarang akan menghadirkan (tombol) shortcut untuk membuat konten di bagian tengah dan (tombol) Reels di sebelah kanan," tulis Instagram.

Instagram fokuskan pendapatan melalui iklan. (Foto: Unsplash/Georgia de Lotz)


"Sebagai bagian dari perubahan ini, 'tab belanja' Instagram akan dihapus. Kamu masih dapat menyiapkan dan menjalankan toko kamu di Instagram karena kami terus berinvestasi dalam pengalaman berbelanja yang memberikan nilai terbaik bagi perorangan dan bisnis di seluruh (layanan) feed, story, reels, iklan, dan lainnya," lanjut keterangan itu.

Menariknya, 'tab belanja' diperkenalkan bersama dengan 'tab Reels' selama pandemi COVID-19. Instagram mengatakan bahwa, di masa lalu mereka percaya lebih banyak orang akan bersedia untuk membeli secara online dan 'tab belanja' akan menjadi peluang besar bagi usaha kecil untuk menjangkau pelanggan baru. Meskipun ini benar, 'tab belanja' jelas belum sepopuler 'tab reels'. (kna)

Baca Juga:

Tips Membuat Microsite di Bio Instagram

#Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Krisna Bagus

work smart, play hard.
Bagikan