Instagram Akan Hadirkan Fitur Baru yang Ramah dan Aman untuk Remaja

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Jumat, 19 Maret 2021
Instagram Akan Hadirkan Fitur Baru yang Ramah dan Aman untuk Remaja
Instagram akan hadirkan fitur baru yang aman bagi remaja (foto: pixabay/webster2703)

BELUM lama ini media sosial Instagram dikabarkan akan mengenalkan sebuah kebijakan baru. Kebijakan tersebut kabarnya untuk membatasi interaksi antara remaja dan orang dewasa, agar platformnya lebih ramah dan aman untuk remaja.

Adapun fitur kemanan baru tersebut akan membatasi pengguna dewasa, yang ingin mengirimkan Direct Messages (DM) kepada para remaja yang tidak mem-follow akun mereka.

Baca Juga:

Instagram Resmi Manchester United Unggah Foto Via Vallen, Warganet Geger

Namun, aturan tersebut tidak berlaku bagi orang dewasa, yang merupakan anggota keluarga atau orang dewasa lainnya yang sudah dipercaya.

Instagram akan hadirkan fitur baru agar pengguna remaja aman dan nyaman (Foto: instagram)

Seperti yang dilansir dari laman The Verge, bila seorang pengguna dewasa mencoba mengirim Direct messages pada pengguna remaja yang tidak mem-follow akun mereka, maka akan muncul notifikasi yang menyebutkan bahwa mereka tidak bisa mengirim pesan.

Kemudian, bila pengguna remaja telah berinteraksi dengan orang dewasa lewat DM, mereka akan menerima sebuah peringatakan keamanan, yang menawarkan opsi untuk melaporkan atau memblokir akun si pengguna Instagram dewasa.

Selain itu, peringatan juga akan mengingatkan si pengguna, agar tidak merasa terkenan dalam menanggapi pesan, serta berhati-hati ketik mengirim foto, video maupun informasi dengan orang yang tidak dikenal.

Para pengguna Instagram remaja bisa melhiat peringatan keamanan tersebut, bila sistem moderasi Instagram mendapati adanya perilaku mencurigakan dari pengguna dewasa.

Adapun salah satu perilaku yang dimaksud, yakni mengirimkan permintaan pesan atau berteman dalam jumlah banyak pada pengguna yang usianya dibawah 18 tahun.

Baca Juga:

Instagram Lite Sudah Tersedia di Ratusan Negara


Kabarnya, fitur tersebut akan tersebut di sejumlah negara mulai bulan Maret. Kemudian akan segera diluncurkan untuk global dalam waktu dekat.

Kabarnya fitur baru instagram tersebut akan segera hadir di sejumlah negara pada maret 2021 (foto: engadget)

Di sisi lain, aplikasi Instagram tengah mengembangkan teknologi kecerdasan buatan, serta machine learning baru untuk mendeteksi usai seseorang, ketika mendaftarkan akun baru.

Teknologi tersebut memungkinkan Instagram untuk bisa menerapkan aturan keamanan bagi remaja, meski mereka berbohong soal usia saat mendaftar akun. Namun sayangnya, Instagram tak memberikan penjelasan lebih lanjut soal cara kerja sistem tersebut.

Selanjutnya, pengguna Instagram remaja pun akan didorong untuk membuat profil merek private. Bila mereka memilih untuk mengatur akunnya menjadi publik, Instagram memberikan notifikasi tentang manfaat akun private serta memeriksa pengaturan keamanan mereka. (Ryn)

Baca Juga:

Instagram Ikutan Bikin Pesaing Clubhouse

#Teknologi #Instagram #Instagramable #Media Sosial
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan