Inspiratif, Rumah Vietnam Solusi Tinggal di Rumah Sempit tan phu house1-archdaily

PADATNYA jumlah penduduk di perkotaan membuat lahan yang tersedia pun semakin kecil. Sempitnya lahan membuat pemilik kerapkali terjebak dengan ide desain rumah yang itu-itu saja. Jangan sampai keterbatasan membuat kreativitas kita ikut terbatas. Itu pula yang dilakukan oleh desainer-desainer di Vietnam.

Sama-sama memiliki lahan sempit dan berada di iklim tropis membuat gaya rumah di Vietnam bisa kita contek loh. Berikut desain rumah di Vietnam yang bisa kamu tiru.

Baca Juga:

Jadikan Rumahmu Ramah Lingkungan dengan Cara Sederhana

1. Atap rumah ganda

rumah
Daerah tropis membuat pemilik rumah lebih memprioritaskan ventilasi alami. (Foto: archdaily)

Rumah dengan atap rumah ganda berdiri di atas tanah berukuran 4x17 meter persegi panjang. Rumah ini hanya dihuni oleh tiga anggota keluarga sehingga luas lantai tidak terlalu besar. Tinggal di daerah tropis membuat pemilik rumah lebih memprioritaskan ventilasi alami bukan pendingin ruangan. Untuk itu, sistem atap ganda dari panel bergelombang dijadikan pilihan karena ringan namun memberikan insulasi yang sangat baik. Celah penyangga di antara atap digunakan untuk mengurangi panas masuk ke dalam rumah melalui cara konveksi. Sistem atap ganda rumah telah terbukti bekerja secara efektif. Hari-hari musim panas pun tetap memberi kenyamanan bagi keluarga di Kota Ho Chi Minh.

2. Rumah 7 x 7

rumah
Arsitektur 7x7 house terinspirasi dari ruang sederhana zen. (Foto: archdaily)

Kota Danang yang terletak di pantai tengah Vietnam dikenal memiliki iklim ekstrem dengan perbedaan musim panas dan musim hujan yang cukup kontras. Kota ini juga dipengaruhi oleh badai tropis setiap tahunnya. Kondisi alam ditambah gaya hidup masyarakat yang dipengaruhi agama Buddha turut mempengaruhi gaya rumah di sana. Mereka mendambakan rumah yang terbuka dan ramah lingkungan salah satunya dengan konsep 7x7 House. Arsitektur 7x7 house terinspirasi dari ruang sederhana zen dan dari beberapa rumah pedesaan kecil di pedesaan pantai tengah Vietnam. Desain ruangan menciptakan ruang penghubung yang sarat akan keramahan, kedekatan, dan fleksibilitas.

Sang perancang menambahkan dua bukaan yang memungkinkan angin dan cahaya masuk ke seluruh sudut rumah.

Pohon-pohon hijau tidak dapat dihilangkan karena memainkan peran penting yang membantu menciptakan perasaan santai dan nyaman di rumah kecil tersebut. Semua pohon hijau di rumah dapat membantu menghubungkan dua lantai sehingga semua anggota keluarga dapat melihat dan berbicara satu sama lain melalui ruang terbuka dan tertutup ini.

Arsitek telah merancang lantai pertama untuk ruang tamu, area memasak, meja makan ditemukan dan ruang ekstra dengan jumlah maksimum. Rumah ini begitu diidam-idamkan karena hemat energi, ramah lingkungan dan memanfaatkan fitur alami seperti angin dan cahaya matahari.

Baca Juga:

Megah, Rumah ‘Rambo’ Dijual Rp49 Miliar

3. Tan Phu House

rumah
Menggunakan fasad penghijauan untuk mengurangi debu dan polusi. (Foto: archdaily)

Rumah di pinggir jalan harus menghadapi berbagai persoalan seperti kebisingan dan polusi udara. Rumah bergaya Tan Phu menggunakan fasad penghijauan untuk mengurangi debu dan polusi, serta mengontrol intensitas cahaya yang memasuki rumah setiap hari. Sistem kerangka beton yang menutupi seluruh fasad depan dan mencapai atap memungkinkan cahaya dan ventilasi udara memainkan peran penting dalam memberi kenyamanan bagi penghuni dan vitalitas bagi tanaman.

Arsitek membuat ruang publik yang terhubung ke seluruh ruangan agar cocok untuk keluarga tradisional Asia yang senang berkumpul. Ruang publik tersebut dibuat memanjang supaya meningkatkan kemampuan untuk "bertemu" di antara anggota rumah. Tempat ini juga mendapatkan sinar matahari pagi.

Di bagian rooftop terdapat ruang ibadah, beranda depan dan kebun sayur keluarga.

4. Breathing House

rumah
Desain rumah ini memiliki bukaan di setiap lantai. (Foto: archdaily)

Tinggal di gang sempit dan padat penduduk dengan rumah seluas 3,9 m x 17,8 m tidak menutup kemungkinan kita mendapatkan rumah idaman. Dalam lingkungan yang sangat padat ini, sang arsitek merancang rumah yang memperkenalkan lingkungan eksternal sambil memastikan privasi.

Rumah tersebut dibungkus dengan tirai hijau, yang terbuat dari tanaman menjalar yang tumbuh di jaring baja. Lapisan lunak ini bertujuan untuk menyaring sinar matahari langsung, melindungi bagian interior dari pandangan masyarakat sekitar tanpa perasaan terisolasi dan meningkatkan kualitas lingkungan dengan penghijauan. Rumah ini terdiri dari kotak perkebunan di setiap lantai, dengan elemen baja galvanis yang termodulasi melekat padanya.

Di balik tirai hijau tersebut, bangunan itu terdiri dari 5 volume terdapat ruangan yang saling terhubung satu sama lain. Diatur di antara dua dinding batas yang dinamakan “Micro void”. Micro void ini berperan menyediakan pencahayaan dan sirkulasi udara ke seluruh rumah. Desain rumah ini memiliki bukaan di setiap lantai, yang melaluinya penghuni memiliki pandangan tembus pandang yang lebih longitudinal dan diagonal dari berbagai penjuru. Komposisi bangunan yang berpori semacam ini mengurangi penggunaan pendingin udara karena ventilasi alaminya, menciptakan hubungan spasial dan visual serta kedalaman di dalam rumah. (avia)

Baca Juga:

Ratusan iPhone Dijadikan Dekorasi Tembok Rumah, Siapa Yah Pemiliknya?

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
7 Langkah Mudah Hilangkan Perut Kembung
Fun
7 Langkah Mudah Hilangkan Perut Kembung

Kelebihan gas akan mengakibatkan perut menjadi kembung.

Johnson & Johnson Tunda Uji Coba Vaksin COVID-19 Karena Peserta Uji Coba Sakit
Fun
Johnson & Johnson Tunda Uji Coba Vaksin COVID-19 Karena Peserta Uji Coba Sakit

penghentian sementara penelitian dilakukan karena penyakit yang tidak dapat dijelaskan.

 Drama 'Crash Landing on You' Pengaruhi Pemerintahan Korea Utara
Fun
Drama 'Crash Landing on You' Pengaruhi Pemerintahan Korea Utara

Ada apa di balik drama populer Korea Selatan ini?

GoFood Pimpin Industri Food Delivery
Fun
GoFood Pimpin Industri Food Delivery

Pertumbuhan pendapatan GoFood mencapai 20 kali lipat dalam empat tahun terakhir.

Berlian Entertainment Siap Gelar Konser Drive-in di JIExpo Kemayoran, Intip Lineupnya
ShowBiz
Berlian Entertainment Siap Gelar Konser Drive-in di JIExpo Kemayoran, Intip Lineupnya

Berlian Entertainment Siap Gelar Konser Drive-in di JIExpo Kemayoran, Intip Lineupnya

Menu Terlaris di Masa Pandemi hingga Prediksi Kuliner di 2021
Fun
Menu Terlaris di Masa Pandemi hingga Prediksi Kuliner di 2021

Bisa jadi referensi untuk membuka usaha di 2021.

Tips Survive Ketika Kamu Salah Kostum
Fashion
Tips Survive Ketika Kamu Salah Kostum

Salah kostum? ini tips agar tetap tampil kece di suatu acara.

Gandalf Disuntik Vaksin COVID-19
ShowBiz
Gandalf Disuntik Vaksin COVID-19

Ian 'Gandalf' McKellen yang disuntik vaksin COVID-19 Pfizer.

TISA, Teknologi Terkini yang Memudahkan Hidup Kaum Difabel
Hiburan & Gaya Hidup
TISA, Teknologi Terkini yang Memudahkan Hidup Kaum Difabel

Thisable Enterprise meluncurkan sebuah sistem informasi digital terbaru bernama TISA.

Tak Lagi Khusus Gamers, Aplikasi Discord Terapkan Konsep Baru
Fun
Tak Lagi Khusus Gamers, Aplikasi Discord Terapkan Konsep Baru

Discord kini sedang mengubah fokusnya untuk menjadi platform yang tidak hanya digunakan para pemain saja.