Grooming

Inspirasi Style Keluarga Shelby. Sejarah dan Tutorial Gaya Rambut ala 'Peaky Blinders'

annehsannehs - Kamis, 05 Agustus 2021
Inspirasi Style Keluarga Shelby. Sejarah dan Tutorial Gaya Rambut ala 'Peaky Blinders'
Thomas Shelby dengan gaya rambut yang terkesan profesional. (Foto: BBC)

PEAKY Blinders menjadi salah satu serial TV terbaik sepanjang masa. Serial TV keluaran BBC ini menceritakan kisah keluarga Shelby, gangster ternama dan terkuat di Birmingham setelah Perang Dunia I.

Serial ini menampilkan strategi berbisnis, gaya bicara yang manipulatif, dan cara memperluas kekuasaan. Serial TV yang terinspirasi dari kisah nyata ini memperlihatkan penampilan para laki-laki yang sangat rapi dan stylish.

Baca juga:

4 Film Seputar Musik yang Mampu Mengubah Perspektifmu!

Thomas Shelby. (Foto BBC)
Gaya rambut yang dapat dijadikan inspirasi. (Foto: BBC)

Salah satu aspek yang paling menonjol dari para laki-laki Shelby ini adalah gaya rambutnya. Penata rias dan rambut Peaky Blinders, Laure Schiavo, pun menghabiskan waktu satu minggu untuk meyakinkan para bintang di serial BBC ini agar mau memotong rambutnya ala Peaky Blinders yang sekarang kamu saksikan.

Referensi gaya rambut ini pun lahir dari buku karangan Peter Doyle berjudul Crooks Like Us. Dilansir dari Fashion Beans, buku ini menampilkan kompilasi potret kriminal dari kepolisian Sydney pada era 1920-an. Gaya rambut ini juga terinspirasi dari potongan rambut kemiliteran.

Gaya rambut Peaky Blinders ini pun memang mampu membuat struktur tulang atau janggutmu lebih terfokus.

Baca juga:

Ditunda Hingga 2021, Simak Preview Serial TV Peaky Blinders Season 6

Thomas Shelby. (Foto BBC)
Kreasi gaya rambut yang menonjolkan tulang dan janggut. (Foto: BBC)

Thomas Shelby, karakter utama Peaky Blinders yang diperankan oleh Cillian Murphy, pertama kali tampil dengan gaya rambut yang sangat pendek. Gaya ini mengacu pada "hooligan" atau anak muda yang kasar dan terlibat sebagai anggota geng di era 1890-an.

Biasanya, semua potongan rambut karakter-karakter ini memiliki sisi botak pada bagian belakang dan samping. Meski begitu, sisa rambut yang ada di atas sering ditata berbeda-beda.

Ada yang dikesampingkan dengan sederhana, ada yang disisir ke belakang, ada juga yang ditata dengan potongan Prancis yang bertekstur. Fleksibilitas gaya rambut ini yang menjadi alasan mengapa gaya rambut Peaky Blinders ini masih tren sampai sekarang.

Baca Juga:

Gegayaan Rambut Gori di Negeri Aing

The Shelbys. (Foto BBC)
The Shelbys yang memiliki kreasi gaya Peaky Blinders. (Foto: BBC)

Sebenarnya, gaya rambut yang khas di era setelah Perang Dunia I adalah botak. Ini disebabkan karena kutu rambut yang merajalela kala itu. Rambut yang botak mampu mencegah penyebaran kutu.

Di sisi lain, Schiavo tidak ingin hanya membotaki kepala para karakter. "Tampilan yang kucari ketika mendesain potongan rambut untuk serial ini adalah agar kamu hanya melihat kulit kepala mereka ketika para laki-laki menggunakan topi," ungkapnya. "Maka dari itu kamu hanya benar-benar melihat karakter individu seketika mereka melepas topinya," tambah Schiavo.

Ini juga bisa mempersulit saksi ketika mengidentifikasi gangster ketika tertangkap basah melakukan tindakan kriminal.

Baca Juga:

5 Persiapan bagi Pria yang Ingin Rambut Panjang

Contoh potongan rambut disconnected undercuts no fade. (Foto Mens hairstyles today)
Contoh potongan rambut disconnected undercuts no fade. (Foto: Mens hairstyles today)

Gaya rambut ini ditandai dengan potongan undercut yang terdiri dari kontras tajam antara rambut yang sangat pendek dengan rambut yang lebih panjang.

"Kamu harus tampil percaya diri untuk potongan rambut yang sangat pendek pada bagian belakang dan samping," ungkap penata rambut di Sassoon Academy, London. "Kamu harus memutuskan apakah ingin rambut yang menjauh dari dahi atau menutupi dahi."

Baca Juga:

Mau Rambut Tebal, Lebat dan Hitam, Yuk Intip Tipsnya!

Arthur Shelby. (Foto BBC)
Arthur Shelby yang memiliki potongan rambut paling ekatrim. (Foto: BBC)

Dalam serial TV Peaky Blinders, karakter yang paling kejam, Arthur Shelby (Paul Anderson), memiliki undercut yang paling ekstrem. Potongan rambut ini idealnya membutuhkan rambut yang lurus dan halus. Kemudian, sisa rambut di atas akan disisir ke belakang.

Potongan rambut sang ketua Peaky Blinders, Thomas Shelby terlihat lebih lembut. Rambut bagian atasnya disapu ke satu sisi bagian samping. Poni samping ini membuat Tommy terlihat lebih profesional dan terhormat ketika ingin menjalin bisnis yang sah.

Baca Juga:

Hai Pria, ini Cara Tepat Panjangkan Rambut

John Shelby. (Foto BBC)
John Shelby menunjukan diri sebagai generasi paling muda dengan potongan rambut ini. (Foto: BBC)

Adik termuda dari Shelby bersaudara, John Shelby, menata gaya rambut tengahnya dengan model slick curtains alias disisir rapi membelah dua.

Dari ketiga model rambut karakter Peaky Blinders, mana yang menginspirasi gaya rambutmu? (SHN)

Baca juga:

Akankah 'Peaky Blinders' Musim Terakhir Tayang Tahun Ini?

#Gaya Rambut #Lipsus Bulanan Agustus
Bagikan
Ditulis Oleh

annehs

Bagikan