Input Situng Disemprit Bawaslu, KPU Janji Akan Segera Perbaiki Komisioner KPU RI, Pramono Ubaid Tantowi

MerahPutih.Com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menanggapi keputusan Bawaslu yang menyatakan bahwa KPU melanggar prosedur dalam meng-input Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng).

Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi mengatakan bahwa selama ini pihaknya telah melakukan perbaikan input data Situng.

"Di situ sebenarnya sama komitmen KPU dan Bawaslu bahwa setiap kesalahan input kami perbaiki dan selama ini mekanisme itu sudah berjalan," kata Pramono di KPU, Jl Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (16/5).

Menurut Pramono, putusan Bawaslu soal kesalahan prosedur input memperkuat KPU yang berkomitmen memperbaiki Situng yang selama ini dipakai sebagai quick count versi KPU.

"Putusan itu memperkuat sikap KPU selama ini, yang ada kesalahan dan itu kita akui kita perbaiki," tuturnya.

Ilustrasi Situng KPU
Situng Pemilu 2019 pada pukul 13.15 WIB Minggu (12/05/2019). (KPU)

Kendati demikian, Pranomo menegaskan, bahwa pengumuman hasil resmi pemilihan umum (pemilu) serentak 2019 tidak diambil berdasarkan Situng.

"Putusan Bawaslu sebenarnya menegaskan bahwa proses penetapan hasil-hasil pemilu bukanlah melalui situng karena pemilu kita masih manual berbasis rekapitulasi secara berjenjang," jelasnya.

Sebelumnya, Bawaslu menyatakan bahwa Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah melanggar prosedur dalam melakukan input data ke Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng).

Bawaslu pun mengimbau kepada KPU RI untuk memperbaiki cara kerja input data Situng.

"Memerintahkan KPU untuk memperbaiki tata cara dan prosedur dalam input data dalam situng," kata Ketua Majelis, Abhan melalui web resmi Bawaslu RI, Kamis (16/5).

Anggota Majelis, Ratna Dewi Petalolo melanjutkan, KPU banyak melakukan kesalahan dalam input data ke dalam Situng. Ditambah adanya kekeliruan yang dilakukan oleh petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dalam mengisi formulir C1.(Asp)

Kredit : asropih


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH