Inovatif! Polisi Ini Sulap Motornya Jadi Penyemprot Disinfektan Tekan Penyebaran COVID-19 di Jakpus

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Rabu, 17 Februari 2021
Inovatif! Polisi Ini Sulap Motornya Jadi Penyemprot Disinfektan Tekan Penyebaran COVID-19 di Jakpus
Polisi Ini Sulap Motornya Jadi Penyemprot Disinfektan Tekan Penyebaran COVID-19 di Jakpus

Merahputih.com - Semangat menekan penyebaran COVID-19 semakin tumbuh di lingkungan masyarakat. Tak terkecuali anggota Polisi di level akar rumput.

Salah satunya anggota Bagsumda Polres Metro Jakarta Pusat Bripka Afit Oktaviansyah yang mengeluarkan terobosan dalam memodifikasi motornya menjadi penyemprotan disinfektan. Motor miliknya itu ia sudah operasikan sejak awal pandemi 2020 lalu yakni bulan Maret.

"Prosesnya dua minggu. Pembuatan modifikasi motor ini berlangsung seminggu. Karena alat-alatnya banyak yang dipesan online," kata Afit ditemui di kawasan Kelurahan Karangayar, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Rabu (17/2).

Baca Juga

Kapolri Sebut COVID-19 Rusak Seluruh Sendi Kehidupan, Menkes: Mirip Perang Dunia I dan II

Dalam melakukan aksinya, Afit selalu menggunakan alat pelindung diri dan kacamata untuk menghindari adanya virus yang masuk. Motor ini dimodifikasi dengan menambah mesin air dc, listrik aki 12 volt disambung ke aki motor. Lalu, untuk cairan ada disinfektan dicampur pewangi.

"Ini sesuai program kerja pak Kapolri dan Kapolda agar anggota Polri untuk kerja di luar tugas pokok sehari-hari. Ini jadi motivasi kami untuk berinovasi," jelas Afit.

Selama ini ia kerap berkeliling wilayah Jakarta Pusat untuk menyemprotkan disinfektan terutama di kawasan padat penduduk yang rawan penyebaran COVID-19. "Anggota harus berinovasi agar berguna bagi masyarakat," jelas Afit.

Anggota Bagsumda Polres Metro Jakarta Pusat Bripka Afit Oktaviansyah (MP/Kanugraha)

Afit mengakui, awalnya ia melihat water canon dan mobil pemadam kebakaran yang bisa bergerak kemana saja untuk membersihkan melalui semprotan air.

Nah, karena sebagian besar wilayah Jakarta adalah gang kecil, ia lantas memodifikasi motornya agar bisa masuk kemana saja. "Kami memang fokus di gang kecil karena memang disana banyak pemukiman warga," jelas pria yang tinggal di kawasan Jakarta Timur ini.

Ia mengaku tak khawatir tertular COVID-19 karena niatnya murni untuk membantu menenkan penyebaram Corona.

Baca Juga

Kapolri Harap Pers Jadi Garda Terdepan Dalam Mencerahkan Masyarakat

Afit mengklaim, program ini mendapat dukungan dari Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Hengki Haryadi. "Beliau meminta agar program ini diperluas dan diperbanyak," ucap Afit.

Sementara itu, Ketua RW 06 Sawah Besar, Mujahid mengapresiasi program Bripka Afit. "Beliau membantu sekali. Bukan hanya sekali saja berputar tapi sering. Ini luar biasa," kata Mujahid. (Knu)

#COVID-19 #Kasus Covid #Vaksin Covid-19 #Satgas COVID-19 #Polisi #Polisi Jujur #Polisi Istimewa
Bagikan
Bagikan