Inovasi Terbaru Jasa Pengiriman Barang Iwan Senjaya (Foto: MP/Ikhsan Digdo)

JASA pengiriman barang tidak lagi asing di telinga masyarakat. Banyaknya perusahaan jasa pengiriman barang yang menjamur membuat persaingan industri ini semakin ketat. Terlebih berkembangnya e-commerce atau online shop di Jakarta.

Tidak hanya ibukota namun seluruh masyarakat di kota-kota Indonesia tengah menjajal bisnis e-commerce. Terutama Indonesia bagian Timur yang semakin berkembang.

"Indonesia Timur (e-commerce) sudah semakin maju," kata Iwan Senjaya, Key Account Manager J&T Express saat ditemui merahputih.com pada acada media gathering di kawasan Menteng, Selasa (6/2).

Sebut saja beberapa nama terkenal pada dunia belanja online, semisal Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak. Jasa pengiriman barang sudah menjadi 'teman' yang selalu menemani semua online shop tersebut.

Selain itu, maraknya kebutuhan jasa pengiriman barang membuat kegiatan operasional pensortiran barang harus semakin cepat. Hal inj dilakukan agar tidak ada hambatan dalam segi waktu sampainya barang ke tujuan. Sebab proses menyortir memakan waktu yang cukup lama.

Untuk itu perusahaan jasa pengiriman barang seperti J&T express memberikan inovasi terbaru dalam penyortiran barang. Sebuah mesin baru dibuat yang berlokasi di gateway (pusat sortir) di daerah Rawa Bokor, Tangerang dengan area seluas satu hektar.

(Foto: pixabay)

Penggunaan peralatan mesin termasuk otomasi tingkat tinggi dengan desain jalur sortir yang paling efektif, mengurangi operator, meningkatkan efisiensi kerja dan mengurangi kerusakan paket barang. Menurut Iwan proses pengiriman akan semakin cepat dan berkualitas melalui alat ini.

"Masalah speed kemudian (mengurangi) human eror juga," tuturnya.

Peralatan pada mesin ini menggunakan conveyor belt yang terbagi dalam 10 line body control yang terbagi secara signifikan per moda transportasi. Jalur dipisahkan untuk jalur paket luar pulau (via udara), jalur paket internal pulau Jawa, jalur paket area Jakarta Raya, dan jalur paket Bodetabek.

Kualitas alat ini memang tidak tanggung-tanggung. Hingga puluhan ribu paket dapat disortir dalam waktu 30 menit. Bahkan bisa melebihi karena kecepatan mesin bisa menggunakan pengaturan yang lebih cepat.

"30 ribu paket bisa di proses paling lama setengah jam pun sudah selesai. Bahkan bisa jauh lebih cepat. Karena speed mesin bisa diatur," jelas Iwan. (ikh)

Baca juga artikel lainnya di sini 10 Alasan Kenapa Online Shop Lebih Baik Dibanding Belanja di Toko

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH