Teknologi

Inovasi Sony Ciptakan Sensor Kamera Ponsel 1 Inci

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Jumat, 26 Februari 2021
Inovasi Sony Ciptakan Sensor Kamera Ponsel 1 Inci
Sony tengah kembangkan sensor kamera ukuran 1 inci untuk smartphone. (Foto: Digital Camera World)

PERKEMBANGAN teknologi bak air yang mengalir. Salah satunya ditandai dengan kehadirannya inovasi yang dikemukakan oleh Sony.

Sony tengah mengembangkan sensor ISOCELL GN2 baru-baru ini. Sensor tersebut merupakan sensor kamera ponsel terbesar untuk saat ini. Terlebih lagi, Sony IMX800 juga akan menjadi sensor kamera ponsel 1 inci dan memulai debutnya pada April.

Baca juga:

Sony dan Microsoft Bergabung untuk Dukung Gerakan Antirasialisme

Dilansir dari WCCF Tech, Ujungnya keluar dari Gizmochina Rodent 950. Model tersebut mengklaim bahwa sensor tersebut tengah dikerjakan. Namun, belum ada keterangan lebih detail mengenai spesifikasinya. Tetapi, laporan tersebut mengatakan Huawei dinobatkan sebagai perangkat pertama yang menggunakan sensor luncuran Sony di model P50.

Sensor 1 inci diperkirakan akan jadi standar kamera smartphone generasi berikutnya. (Foto: WCCF Tech)

Desas desus model tersebut akan diluncurkan pada sekitaran tahun ini. Huawei P50 nantinya akan memiliki ultra wide camera sensor dan telephoto. Tidak hanya itu, periscope lens turut dihadirkan dalam model P50.

Walau Huawei tengah merencanakan untuk memasukkan teknologi milik Sony tersebut, informasi kemampuan sensor belum jua diketahui. Namun, jika ditinjau dari perspektif fotografi atau videografi, sensor yang lebih besar akan mempengaruhi performa cahaya yang rendah. Sehingga akan menghasilkan foto yang sangat aestetik.

Penting pula untuk diketahui, ini bukan pertama kalinya sensor terbaru ini masuk ke ponsel. Panasonic turut melakukan eksperimen dengan produk Lumix CM1. Mengenai hal tersebut, itu merupakan salah satu hibrida telepon dan kamera.

Baca juga:

Sony Ganti Nama Setelah 60 Tahun Berdiri, Ada Apa?

Sensor tersebut dijadikan sebagai unsur utama yang dikorelasikan dengan kamera. Sejauh ini, Sony hanya memfokuskan luncuran barunya hanya untuk diimplementasikan ke smartphone.

Lumix DMC CM1 turut dijadikan eksperimen terkait sensor kamera 1 inci milik Sony. (Foto: DP Review)

Selain itu, mungkin dapat digaris bawahi, sensor 1 inci ini akan menjadi standar kamera pada smartphone untuk generasi selanjutnya. Tentu, hal ini dapat dikatakan akan membatasi ruang untuk sensor kamera lainnya yang biasanya berada di belakang. Tak hanya itu, sensor tersebut juga muncul di setiap flagship.

Inovasi ini memungkinkan para fotografer dan penggemar dunia fotografi beralih. Indikasi lainnya, para fotografer akan meninggalkan kamera mirrorless dan point and shoot.

Maka dari itu, memungkinkan era fotografi melalui ponsel akan dimulai dengan kehadiran inovasi luncuran Sony. Bagi yang ingin lebih tahu soal sensor luncuran Sony, bisa kunjungi situs web resmi Sony atau media sosialnya. (jod)

Baca juga:

Jangan Ngaku Penggemar PlayStation Kalau Enggak Tahu 5 Aksesori Ini

#Sony #Teknologi #Kamera
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan