Inovasi Canggih untuk Dunia Olahraga di ISEF 2019 ISEF 2019 jadi forum olahraga terbesar di Jakarta (Foto: isef-indonesia)

INDONESIA Sport Expo and Forum (ISEF) masih terus bergulir. Forum olahraga terbesar di Jakarta tersebut masih bisa dikunjungi para pecinta olahraga hingga Minggu (25/8).

Dengan mengangkat tema 'Driving the Sport Business in Digital Era', ISEF membuat pengunjung takjub dengan peralatan olahraga yang dilengkapi oleh teknologi mutakhir.

Baca juga:

ISEF 2019, Surganya Pencinta Olahraga

Pemilihan tema tersebut bukan tanpa alasan. Ketua Penyelenggara ISEF, Jeffrey Eugene menuturkan bahwa di era digital seperti saat ini, semua cabang olahraga mulai menggunakan teknologi digital. "Mulai dari sisi pengukuran, sisi peraturan, scoring, hingga pelatihan atau mulai memanfaatkan teknologi. Kami melihat arah perkembangan olahraga mulai digital system tidak lagi manual," tutur Jeffrey.

Berikut beberapa teknologi canggih pendukung berbagai cabang olahraga di Indonesia:

1. Pembersih Kolam Renang

Inovasi Apik untuk Dunia Olahraga di ISEF 2019
Tak perlu lagi repot membersihkan kolanm dengan alat ini (Foto: MP/Iftinavia Pradinantia)

Dahulu kita harus membersihkan kolam renang secara manual menggunakan sikat. Selain sulit menjangkau titik terdalam, kita juga letih saat harus membersihkan kolam renang terutama jika kolamnya begitu luas.

Kini kita tak perlu khawatir. Sebuah alat pembersih kolam nan canggih bisa menjangkau setiap titik yang kotor. "Alat ini secara otomatis mengkalkulasi luas dan kedalaman kolam renang. Jadi dia langsung bekerja," ujar representatif pembersih kolam Fluidra, Juprianus Sinuraya.

Baca juga:

Jaga Kebugaran Tubuh, ini Olahraga yang Bakal Hit di 2019

2. Pengukur Kecepatan Raket

Inovasi Apik untuk Dunia Olahraga di ISEF 2019
Secepat apa pukulan dari raket bisa dikur (Foto: MP/Iftinavia Pradinantia)

Bagi kamu pecinta bulu tangkis atau tenis, kini kamu tak hanya bisa melatih ayuhan raketmu. Kamu juga bisa memprediksi kecepatan pukulan raketmu lewat layar televisi.

Bagi pria, dapat dikatakan pukulannya cepat jika di layar televisi muncul angka di atas 200 km/jam. Sementara bagi perempuan, minimal 160km/jam.

3. Sepeda Otomatis

Inovasi Apik untuk Dunia Olahraga di ISEF 2019
Sepeda lipat x skuter (Foto: MP/Iftinavia Pradinantia)

Sebuah sepeda otomatis yang memilki cara kerja seperti skuter ini bisa digunakan jika kamu malas mengayuh. Sepeda otomatis semacam ini juga memungkinkam pengguna untuk melipatnya karna bisa dibuka dan ditutup menggunakan hidrolik. (avia)

Baca juga:

First Media Luncurkan First Warriors untuk Dukung 'esports' di Indonesia

Kredit : iftinavia


Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH