Inovasi Baru Bernama Reels untuk InstaStory Inovasi dari Instagram untuk InstaStory (Foto: YouTube/Josh Constine)

SALAH satu fitur yang paling sering digunakan dalam Instagram ialah InstaStory. Dengan fitur tersebut, pengguna dapat membagikan momen untuk dilihat para followernya selama seharian. Melihat kepopuleran fitur tersebut, Instagram membuat inovasi untuk memperkaya InstaStory. Selasa lalu (12/11), Instagram menambah fitur baru untuk InstaStory.

Inovasi tersebut bernama Reels yang dapat membuat pengguna membikin video klip musik berdurasi 15 detik dengan menggabungkan beberapa rekaman. Instagram menyediakan banyak musik yang dapat digunakan sebagai audio Reels. Pengguna pun dapat meminjam audio dari video lain untuk menciptakan video klip yang unik atau lucu. Jika kamu mengijinkan InstaStorymu dilihat oleh semua orang, Reels yang kamu buat juga bisa jadi viral melalui bagian Explore Instagram.

Baca Juga:

Ingin Akun Instagram Kamu Terverifikasi? Ini Caranya!



Jika dilihat secara seksama, cara kerja Reels mirip dengan aplikasi bernama TikTok. Nampaknya ini merupakan cara Instagram untuk dapat bersaing dengan kepopuleran TikTok. Sama seperti cara kerja InstaStory yang bisa dikatakan meniru Snapchat.

Dilansir dari laman TechCrunch, Robby Stein, direktur manajemen produk Instagram, mengatakan cara kerja Reels memang mirip dengan TikTok. Dia juga mengatakan bahwa sebelum TikTok muncul, sudah ada aplikasi yang menggunakan format seperti ini yaitu Musically. Tapi memang benar TikTok lah yang mempopulerkan format tersebut.

"Tidak ada dua produk yang sama persis, di akhir cerita, membagikan video dengan musik adalah ide yang universal dan menarik banyak orang. Yang harus difokuskan adalah bagaimana cara membuat hal tersebut menjadi format yang unik bagi kita," ungkap Stein.


Baca Juga:

Restrict, Fitur Anti-Bullying Terbaru Instagram

insta
Instagram berusaha bersaing dengan sosmed lainnya. (Foto: Pexels/pixabay)


Apakah TikTok nantinya akan bernasib sama dengan Snapchat? Belum ada yang bisa menjawab saat ini. Akan tetapi melihat pengguna dan jangkauan Instagram yang besar dan mendunia, TikTok nampaknya harus mulai mencari cara untuk dapat bersaing dan bertahan hidup.

Saat ini Reels hanya dapat digunakan di Brazil saja untuk masa percobaan. Brazil dipilih karena populasi pengguna Instagramnya yang besar. Budaya bermusik dan jumlah komunitas pembuat konten yang besar juga menjadi alasan dipilihnya negara Brazil. Jika tidak ada masalah yang muncul selama masa percobaan, Reels seharusnya akan mulai dibuka di negara-negara lain. (sep)

Baca Juga:

Tak Usah Repot-Repot Delete, Begini Cara Filter Komentar 'Nyinyir' di Instagram


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH