Inilah Yang Terjadi Jika Kamu Tidak Mandi 2 Hari Mandilah untuk menjaga kebersihan dan kebugaran tubuh. (Foto: Pixabai/955169)

PASTINYA kamu semua pernah merasa malas untuk mandi, terutama di hari libur. Ada juga yang sudah kelelahan beraktivitas seharian, langsung tidur, mandi bisa esok pagi. Tiba-tiba saja kamu kesiangan, alhasil kamu harus bergegas untuk berangkat kerja. Tidak ada masalah sebenarnya jika kamu tidak mandi selama dua hari.

Bahkan menurut Edison de Mello, Md, Ph.D, mengatakan mandi setiap hari tidak benar-benar diperlukan. Tetapi jika kamu berkeringat dan pada hari kemarinnya kamu belum mandi kamu bisa mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Meskipun tidak ada risiko kesehatan yang sangat serius, berikut beberapa hal yang akan terjadi jika kamu tidak mandi selama dua hari menurut bustle.com.

1. Bakteri Jahat

mandi
Sabun membuat kulit sehat. (Foto: howstuffworks)


Pada tubuh kamu ada bakteri baik dan jahat. Bakteri baik datang dari sabun yang kamu gunakan untuk mandi. Bakteri jahat datang saat kamu tidak mandi. Tentunya jika kamu tidak mandi dalam dua hari tubuh kamu akan kekurangan bakteri baik untuk melawan bakteri jahat. Jika begitu akan ada kemungkinan kamu akan terkena infeksi kulit.


2. Rambut Berminyak

rambut
Tidak mandi membuat rambut berminyak. (Foto: HowToWashHair)


Jika kamu tidak mandi selama dua hari rambut kamu bisa menjadi berminyak. Selain itu rambut secara alami membuat rambut menjadi lembab. Sehingga kalau kamu tidak mencucinya selama dua hari, sel kulit berminyak, kotor, dan yang sudah mati akan menumpuk dan membuat kulit kepala kamu terasa gatal dan kering.


3. Kulit Kering

mandi
Terdapat bercak merah di kulit karena tidak mandi. (Foto: Pexels/Jenna Hamra)


Tidak mandi selama dua hari akan membuat kulit kamu kering. Bahkan jika terlalu sering menunda mandi kamu akan mengalami kondisi kulit langka bernama Dermatitis Neglecta yaitu sel-sel kulit mati yang menumpuk dan menyebabkan bercak pada kulit.


4. Bau Tak Sedap

mandi
Tidak mandi membuat bakteri berkembangbiak dan menimbulkan bau. (Foto: Farmers Almanac)


Banyak orang yang mengira bahwa bau badan disebabkan oleh keringat. Salah, bau badan ditimbulkan oleh bakteri yang mengeluarkan gas. Mungkin kamu beranggapan bau badan dapat dihilangkan dengan menggunakan parfum. Sebenarnya hanya menutupi bau tidak menghilangkan bakteri, jadi yang paling tepat dengan mandi. (ape)



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH