Inilah yang Akan Terjadi Pada Tubuhmu ketika Menonton Film Horror Nonton film horor menimbulkan reaksi di tubuhmu. (foto: pixabay/victoria_borodinova)

MALAM minggu merupakan malam yang sangat asik untuk menonton bersama teman-temanmu. Apa pilihan film kamu kali ini? Mungkin ada kamu yang nekat untuk menonton film horor di tengah malam.

Film horor sudah pasti membuatmu merinding. Namun, ternyata ada beberapa hal lain yang juga akan terjadi pada tubuhmu ketika kamu menonton film horor lho.

1. Hormon Senangmu Terlepas

horror movie
Hormon senangmu akan terlepas. (foto: pixabay/beejees)


Walaupun detak jantungmu akan terasa normal sebelum film mulai, ternyata sistem oksitosin melepaskan hormon senangmu, seperti dopamin, serotonin, dan endorpin.

Hormon tersebut akan hilang dan kamu akan mulai untuk merasa lebih aware saat bertemu dengan hal-hal mengagetkan yang terjadi pada film horor tersebut.


2. Level Kortisol dan Adrenalinmu Naik

movie theater
Detak jantungmu akan naik tinggi. (foto: videoblocks)

Saat kamu terkaget dalam film horor, detak jantungmu akan langsung naik setinggi-tingginya. Hal itu membuat level kortisol dan adrenalinmu akan meningkat. Akibatnya, badanmu akan lebih gampang berkeringat. Jika dilihat secara langsung, pupil matamu melebar karena akan ada ancaman yang akan datang di film tersebut.


3. Palmar Hyperhidrosis

palmar hyperhidrosis
Tanganmu akan berkeringat. (foto: pexels/pixabay)

Terkaget karena film horor ternyata membuat otakmu langsung menendang sistem saraf simpatik, membuatmu akan merasakan palmar hyperhidrosis atau yang biasa kamu tahu sebagai tangan yang berkeringat.

4. Kamu Akan Memikirkan Film Itu

horror movie
Kamu akan kesulitan membedakan kenyataan dan film. (foto: fotolia/leungchopan)

Jika film horor tersebut sangat menakutkan untukmu, otakmu belum bisa membedakan mana kehidupan nyata dan mana di film. Kamu akan merasakan ilusi sementara, seperti kamu akan melihat hantu-hantu yang persis seperti film tersebut di sekitar kamu.

Hal itu akan lebih terlihat jika kamu mengonsumsi banyak minuman bergula dan minuman berkafein saat menonton film.

5. Tidurmu akan Jadi tak Nyaman

horror movie
Tidurmu jadi enggak nyaman. (foto: nationalpost)


Perasaan merinding setelah menonton film horor akan membuatmu tidak bisa tertidur karena terpikirkan akan beberapa adegan-adegan di film. Itu akan membuat tidurmu menjadi tidak teratur, dan bahkan bisa membuatmu begadang karena terlalu banyak memikirkan hal tersebut.(dnz)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH