Inilah Rasanya Gantung Diri, Jangan Dicoba!

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Selasa, 25 Juli 2017
Inilah Rasanya Gantung Diri, Jangan Dicoba!
Gantung diri jadi pilihan vokalis Linkin Park untuk mengakhiri hidupnya. (Foto: Pixabay)

BELAKANGAN, banyak fenomena bunuh diri terjadi di kalangan artis dunia. Sebut saja Chris Cornell, vokalis band Audioslave, yang nekat mengakhiri hidupnya dengan gantung diri. Selain itu, baru-baru ini vokalis Linkin Park juga mengakhiri hidupnya dengan gantung diri di kediamannya di Los Angeles.

Belum lagi, di Indonesia juga pernah terjadi peristiwa bunuh diri yang dilakukan oleh seorang pria yang mengaku bernama Indra di Jagakarsa, Jakarta Selatan. Peristiwa ini terjadi pada Maret lalu, bahkan, pria tersebut merekam aksi bunuh dirinya secara live melalui akun Facebook miliknya.

Lalu, apakah yang sebenarnya terjadi saat gantung diri? Seorang ahli forensik dari Rumania, Nicolae Minovici, pernah melakukan penelitian mengenai gantung diri. Pria tersebut menggantung dirinya sendiri agar mengetahui secara jelas bagaimana rasanya jika menggantung diri. Ia juga menggantung dirinya beberapa kali untuk mengetahui apa yang akan dirasa. Penasaran? Seperti dilansir The Post-Mortem Post, inilah yang Anda rasakan saat menggantung diri berdasarkan penelitian Nicolae.

Percobaan pertama

Pada percobaan pertama wajah Nicolae berubah menjadi warna ungu kemerahan. Penglihatan juga mulai kabur, lalu terdengar suara di dalam kepala seperti sebuah siulan. Setelah enam detik, Nicolae mulai tak sadarkan diri, kemudian ia mengakhiri percobaan pertamanya.

Nicolae Minovici (Foto: madsciencemuseum)

Percobaan kedua

Lanjut pada percobaan kedua. Sambil menutup matanya, Nicolae menggantung dirinya dengan dibantu seorang asisten. Pada saat ini ia merasa seluruh saluran pernafasannya tertutup, ia hanya bertahan selama 4-5 detik saat dirinya tergantung. Ia mengulangi percobaan kedua ini hingga tujuh kali. Akibatnya, selama 2 minggu ia mengalami sakit pada lehernya.

Percobaan ketiga

Selanjutnya, ia kembali melakukan percobaan ini untuk ketiga kalinya. Pada percobaan ini ia mengalami rasa sakit yang sangat terbakar pada lehernya. Kakinya tidak pernah meninggalkan tanah saat melakukan percobaan ketiga ini. Bahkan, ini juga membuatnya tidak bisa menelan karena lehernya mengalami kesakitan yang begitu parah.

Secara ringkas, saat leher Anda tergantung, paru-paru Anda akan terasa panas karena leher tidak bisa bernafas. Tubuh pun menjadi kejang dan lidah terjulur keluar. Kadang juga akan membuat leher patah. Setelah itu, pandangan akan mulai kabur dan diikuti dengan anggota tubuh yang mulai lumpuh karena fungsi otak sudah mati.

Begitulah jika Anda menggantung diri Anda. Tentu sangat menyakitkan. Sahabat Merah Putih jangan pernah mencoba bunuh diri ya. Aksi ini bukanlah solusi tepat untuk memecahkan masalah. (Ikh)

Baca juga artikel Linkin Park Ajak Penggemar Buang Hasrat Bunuh Diri Dengan Cara Ini

#Bunuh Diri
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan