Kombinasikan Bawahan Denim dengan Atasan ini, Jangan Sampai Salah! Ada beragam warna denim, jangan sampai salah memadukannya dengan atasan (Foto: Pexels/Mstudio)

DENIM merupakan celana wajib pria. Bisa dibilang hampir semua pria memiliki denim di lemari pakaian mereka. Tentu sudah pasti termasuk diri kamu sendiri.

Warna celana denim juga beragam. Di antaranya dark wash denim, mid wash denim, light wash denim, black denim, dan white denim.

Sekilas celana denim gampang-gampang saja dikombinasikan dengan atasan apapun. Tapi kenyataannya enggak seperti itu.

Ada aturan tertentu untuk mengkombinasikan celana denim dalam berpakaian. Berikut rekomendasi menurut laman Fashion Beans.

1. Dark wash denim

Fokuslah dengan atasan bernuan gelap jika memakai dark wash denim (Foto: levi.com)

Warna denim ini gelap. karena setelah diproduksi dark wash denim enggak dicuci. Dark wash denim lebih cocok dipadukan dengan atasan smart casual.

Seperti misalnya kemeja dan blazer. Tapi enggak masalah juga jika ingin menggunakan atasan kaus polos dengan celana denim ini.

Asalkan kausnya berwarna putih. Intinya atasan celana denim dengan warna ini harus bernuansa gelap kecuali kaus putih.

2. Mid wash denim

Cocok dengan atasan kaus beragam warna (Foto: routeone.co.uk)

Warna denim yang satu ini sangat bersahabat bagi kamu yang ingin bergaya simpel. Cocok dengan berbagai macam warna kaus. Tapi lebih pas lagi jika kausnya berwarna putih.

"Denim mid-wash tampak hebat dengan sesuatu yang sederhana seperti kaus putih polos,” kata wakil presiden Levi untuk Eropa Utara, Richard Hurren.

Atasan kemeja hingga jaket kulit juga masuk jika dikombinasikan dengan bawahan mid wash denim.

3. Light wash denim

Kamu bisa menggunakan atasan kaus dan jaket hodie dengan bawahan light wash denim (Foto: danielherran.com)

Light wash denim bisa menjadi pakaian sehari-hari kamu. Mau atasan kaus, jaket hoodie, hingga jaket jins. Atau bisa juga jika kamu ingin berpenampilan ala anak skate dengan bawahan light wash denim.

Terlebih jika kamu menggunakan alas kaki berwarna putih. Light wash denim yang berwarna cerah, akan semakin membuat penampilan kamu enggak boros.

"Kaus atau kaus oblong crew neck juga cocok," kata desainer denim Edwin Niels Mulder.

4. Black denim

Lebih bagus lagi jika kamu berpakaian serba hitam dengan black denim (Foto: nudiejeans.com)

Warna hitam merupakan warna yang netral. Termasuk denim hitam yang bisa dikombinasikan dengan atasan dengan warna apapun.

Tapi lebih baik lagi jika atasannya hitam. Pakaian serba hitam artinya kamu sangat berani dalam menentukan penampilan.

"Untuk tampilan yang kasual, kenakan jeans denim hitam pudar dengan T-shirt putih dan kemeja," saran mantan creative director Topman, Gordon Richardson.

5. White denim

Atasan white denim harus warna-warna cerah (Foto: brightbazaarblog.com)

Berani memakai white denim berarti kamu bisa keluar dari zona nyaman. Sebab denim berwarna putih memang terlihat mencolok.

Atasan yang bisa kamu gunakan ialah pakaian berwarna terang. Jika ingin menggunakan atasan gelap juga sah-sah saja dengan bawahan white denim.

Intinya denim warna apapun bisa dikombinasikan dengan jenis atasan apapun. Yang penting jangan sampai salah saat menentukan warna atasan.

Jika warna atasan kamu enggak cocok dipadukan dengan warna denim yang kamu pilih, penampilan kamu bisa menjadi biasa-biasa saja. (ikh)

Baca juga: Konsep Fading Jeans Bukan Selalu Tidak Dicuci

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH