Inilah Khasiat 3 Bahan Jamu yang Diminum Presiden Jokowi Pak Jokowi bagikan tips agar tetap selalu bugar (Sumber: apdf-magazine.com)

PAGI ini, Selasa (23/07), Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, membagikan cara menjaga kebugaran tubuh yang ia lakukan. "Tak ada rahasia, tidak ada yang istimewa. Hanya ramuan sederhana semata," tulis Jokowi di akun Instagramnya, @jokowi.

Namun dalam unggahannya, terlihat Jokowi sedang merekam dirinya sendiri sambil menceritakan trik yang ia miliki agar tetap bugar selalu. Triknya ternyata sangat simpel yaitu minum segelas jamu di pagi hari.

Baca Juga: Tak Cuma Enak Dibuat Sup, Berikut Sejumlah Manfaat Jus Seledri

Ia juga membagikan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat jamu tersebut. Diantaranya temulawak, jahe dan kunyit. Jokowi telah meminum ramuan ini selama kurang lebih 17-18 tahun. Memang apa saja sih khasiat ketiga bahan jamu Jokowi tersebut?

1. Temulawak

'Curcuma xanthorrhiza' yang berkhasiat tambah nafsu makan dan atasi masalah pencernaan (Sumber: HelloSehat)
'Curcuma xanthorrhiza' yang berkhasiat tambah nafsu makan dan atasi masalah pencernaan (Sumber: HelloSehat)

Dilansir dari Hello Sehat, tanaman yang memiliki nama latin 'Curcuma xanthorrhiza' ini memiliki manfaat sebagai berikut :

- Merangsang produksi cairan empedu yang nantinya membantu pencernaan dan metabolisme makanan dalam tubuh.

- Mengatasi perut kembung dan meningkatkan nafsu makan.

- Membantu sendi agar tidak terasa sakit dan kaku

- Manfaat diuretik dalam temulawak akan membantu mengurangi tekanan pada dinding pembuluh.

2. Jahe

'Zingiber officinale'  dapat kurangi rasa nyeri pada otot atau saat haid (Sumber: Pixabay/congerdesign)
'Zingiber officinale' dapat kurangi rasa nyeri pada otot atau saat haid (Sumber: Pixabay/congerdesign)

Manfaat tanaman yang bernama latin 'Zingiber officinale' ini tidak berbeda jauh dari temulawak. Menurut penelitian di University of Georgia, konsumsi jahe rutin dapat mengurangi rasa sakit otot atau juga sakit pada saat menstruasi.

Jahe juga membantu atasi masalah pencernaan dengan menstimulasi air liur, mencegah kontraksi pada perut, dan membantu mengeluarkan gas berlebih dalam sistem pencernaan. Selain itu jahe juga dapat membantu meredakan mual yang biasanya diderita oleh ibu hamil.

Baca Juga: Olahan Jamu Kaya Manfaat dari Desa Nyalian, Klungkung, Bali

3. Kunyit

'Curcuma longa' bantu kontrol gula darah dan berat badan (Sumber: Hello Sehat)
'Curcuma longa' bantu kontrol gula darah dan berat badan (Sumber: Hello Sehat)

Punya bentuk yang hampir mirip, saudara dari temulawak ini juga miliki banyak manfaat. Zat kurkumin dalam kunyit dapat mengobati penyakit terkait peradangan. Selain itu, zat kurkumin juga membantu untuk meredakan nyeri ketika terkena maag atau sedang haid.

Efek lainnya yang dimiliki kunyit yaitu dapat membantu mengontrol gula darah dan juga berat badan. Namun karena kunyit sulit diserap oleh darah dan justru dipecah oleh hati, agar mendapatkan semua manfaat ini secara efektif kombinasikan kunyit dengan asam Jawa. (*)

Baca Juga: Dari Meningkatkan Daya Tahan Tubuh hingga Menenangkan, 4 Teh Herbal ini Baik buat Kesehatan

Kredit : yani

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH