Gurihnya Kecap Benteng Cap SH Bertahan Selama 96 Tahun

Widi HatmokoWidi Hatmoko - Selasa, 03 Januari 2017
Gurihnya Kecap Benteng Cap SH Bertahan Selama 96 Tahun
Kecap Benteng cap SH, kecap legendaris Tangerang. (MP/Widi Hatmoko)

MerahPutih Kuliner - Tangerang memiliki kecap legendaris yang saat ini masih tetap eksis dan masih digemari oleh masyarakat, yaitu kecap Benteng cap SH. Pabrik kecap Benteng cap SH ini berlokasi di Jalan Saham RT 05/06 Kelurahan Sukasari, Kecamatan Kota Tangerang, atau sekitar 1 kilometer dari kawasan Pasar Lama, dekat lokasi bekas benteng pertahanan Belanda.

Kecap Benteng cap SH ini juga menjadi salah satu oleh-oleh khas Tangerang, terutama bagi wisatawan yang berkunjung ke Benteng Heritage, situs-situs cagar budaya di kawasan Pasar Lama Kota Tangerang dan sekitarnya. Sampai saat ini, resep warisan bumbu kecap Benteng cap SH ini masih menjadi rahasia yang tidak dimiliki oleh kecap merek lainnya.

Pekerja kecap Benteng cap SH sedang melayani pemesan. (MP/Widi Hatmoko)
Kemasan isi ulang Kecap Benteng cap SH dimasukan ke mobil. (MP/Wid)

Kecap yang berdiri sejak tahun 1920 tersebut, sekarang dikelola oleh Latief Sukaryadi, generasi ke empat dari pemilik sekaligus pendiri pabrik kecap Benteng cap SH, Lo Tjit Siong. Latief tidak banyak memberikan komentar terkait proses pembuatan kecap legendaris Tangerang tersebut. Karena, menurutnya itu adalah rahasia perusahaannya.

"Saya sudah generasi ke empat. Berdiri tahun 1920," ujat Latief kepada merahputih.com, Senin (2/1).

Ia juga mengakui, saat ini produk kecap Benteng cap SH hanya banyak melayani pesanan, atau tidak memproduksi secara massal seperti kecap-kecap merek terbaru yang tersebar di minimarket dan toko-toko swalayan. Namun demikian, kata Latief, setiap hari ada saja pemesan yang mengambil produknya, baik yang dalam bentuk botol maupun sachet. Pemesan kecap yang diproduksinya ini, selain mengambil untuk dijual kembali ada juga dari pengusaha restoran, mie atau makanan yang sudah sejak dulu menggunakan kecap legendaris tersebut. Yang paling unik dari kecap Benteng cap SH ini adalah melayani kemasan isi ulang.

"Kalau produksinya, kita hanya melayani pesanan saja," katanya.

Kecap Benteng cap SH dalam kemasan botol aslinya. (MP/Widi Hatmoko)
Botol Kecap Benteng cap SH (MP/Wid)

Kemasan kecap ini juga sudah mengikuti kemasan produk kecap masa kini. Selain menggunakan botol kaca, ada juga dengan kemasan botol plastik berbagai ukuran, dan kemasan sachet. Untuk harga kemasan botol kaca dengan ukuran 620 ml, per kardus dibanderol dengan harga Rp210 ribu. Satu dus berisi 12 botol kecap. Kecap dengan ukuran botol plastik kecil perdusnya Rp50 ribu, dengan jumlah per kardus 12 botol. Sedangkan untuk harga kecap Benteng cap SH sachet, satu bungkusnya dipatok dengan harga Rp6 ribu berisi berisi 20 sachet.

#Kecap Benteng Cap SH #Kuliner Tangerang
Bagikan
Ditulis Oleh

Widi Hatmoko

Menjadi “sesuatu” itu tidak pernah ditentukan dari apa yang Kita sandang saat ini, tetapi diputuskan oleh seberapa banyak Kita berbuat untuk diri Kita dan orang-orang di sekitar Kita.
Bagikan