Ini yang Ilmuwan Coba Ungkap dari Peti Mati Berusia 2.500 Tahun

Zulfikar SyZulfikar Sy - Selasa, 27 Maret 2018
Ini yang Ilmuwan Coba Ungkap dari Peti Mati Berusia 2.500 Tahun
Ilustrasi. (Pixabay)

MerahPutih.com - Ilmuwan Australia dapat membantu mengungkap tabir seputar Mesir kuno setelah menemukan bahwa peti mati berusia 2.500 tahun.

Universitas Sydney memperoleh peti mati tersebut 150 tahun lalu dan ilmuwan di sana salah menyatakannya sebagai peti kosong.

Kesalahan mereka baru saja ditemukan secara kebetulan pada akhir tahun lalu, ketika beberapa ilmuwan baru-baru ini melepas tutup peti mati itu dan menemukan sisa mumi, yang compang-camping.

"Kami dapat mulai mengajukan beberapa pertanyaan mendalam yang dibawa tulang-tulang seputar patologi, tentang pola makan, tentang penyakit, tentang gaya hidup orang itu, bagaimana mereka hidup dan mati," kata Jamie Fraser, kurator senior di Museum Nicholson di Universitas Sydney, dilansir Antara.

Mumi secara keseluruhan biasanya dibiarkan utuh, membatasi kegunaan ilmiahnya.

Salah satu hal bagus yang mungkin didapat adalah bahwa mumi tersebut adalah perempuan terpandang, dari suatu zaman yang kini masih kurang dikenal oleh para ahli, kata Fraser.

Tulisan purbakala hieroglif menunjukkan penghuni asli peti mati itu adalah seorang wanita bernama Mer-Neith-it-es, yang diyakini para akademisi tersebut merupakan pendeta tinggi pada 600 sebelum Masehi, terakhir kali Mesir diperintah oleh penduduk asli Mesir.

"Kami mengetahui dari hieroglif bahwa Mer-Neith-it-es bekerja di Kuil Sekhmet, dewi berkepala singa," kata Fraser.

"Ada beberapa petunjuk dalam hieroglif dan cara pemumian dilakukan serta gaya peti mati, yang memberi tahu kita tentang bagaimana kemungkinan pekerjaan Kuil Sekhmet itu," tambahnya. (*)

#Mesir
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan