Ini yang Diinginkan Generasi Milenial pada Sebuah Perusahaan

Muchammad YaniMuchammad Yani - Selasa, 16 Mei 2017
Ini yang Diinginkan Generasi Milenial pada Sebuah Perusahaan
Rudi Afandi, HR Director General Electric (Merahputih.com / Rizki Fitrianto)

Generasi Y atau generasi milenial, itulah sebutan baru bagi anak muda yang kini mendominasi segala aspek kehidupan. Penyebutan generasi ini mulai dipakai tahun 1993 pada editorial koran besar Amerika Serikat. Dikatakan generasi milenial karena mereka lebih banyak mengandalkan teknologi.

Bagi sebuah perusahaan, munculnya generasi milenial membuat cara perekrutan hingga sistem kerja berubah. Jika dulu menggunakan pola top down, kini berubah menjadi horizontal. Tidak ada yang namanya bos dan anak buah, yang ada hanyalah rekan kerja. Selain itu, 'gaya' bekerja mereka pun berbeda, sebagaimana kebutuhan mereka juga berbeda, seperti hal berikut.

Tak sekadar cari duit, tapi 'nilai'

Pada sharing session yang diadakan Quantum Select International (perusahaan head hunter), Rudi Afandi selaku HR Director General Electric sekaligus pembicara mengatakan, generasi milenial bekerja bukan hanya untuk mencari uang melainkan juga nilai.

"Yang mereka inginkan dari satu company itu enggak hanya bekerja yang sekadar cari duit, tapi mereka mau bekerja pada perusahaan yang mempunyai value. Maksudnya, perusahaan punya empati, integritas, dan misi. Jadi, tidak hanya jualan dan cari untung," katanya di Aston Priority Simatupang Hotel, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (16/5).

Kadar 'nilai' itu pun bisa termasuk kenyamanan dalam mengerjakan pekerjaan mereka. Kenyamanan ini biasanya didukung dengan gimmick yang menawarkan suasana baru dalam bekerja.

Pekerjaan yang dinamis

Generasi milenial juga tidak terlalu senang dengan banyaknya hierarki pada sebuah perusahaan dan lebih menyenangi sesuatu yang bersifat fleksibel. Artinya, generasi ini tidak suka dengan sistem yang kaku dan pekerjaan yang monoton.

"Di masa depan, kita enggak bisa mengandalkan satu rencana atau alternatif saja. Harus ada orang yang bisa fleksibel dari satu rencana ke rencana lainnya. Tantangan seperti inilah yang mereka butuhkan," katanya.

Generasi milenial adalah mereka yang lahir antara tahun 1981-2000—orang-orang dengan usia produktif. Beberapa perusahaan besar yang dianggap cocok untuk generasi milenial, yaitu Google, Facebook, Linkedln, Netflix, dan lain-lain.

Selain artikel ini Anda juga bisa baca Quantum Select International Kembali Gelar Sharing Session untuk HRD

#Generasi Millenials #Perusahaan #Tips & Trik
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan