Ini yang Dikatakan Trump Saat Pertama Kali Bertemu Kim Jong Un Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un bersalaman dengan Presiden AS Donald Trump (AFP Photo)

Merahputih.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden AS Donald Trump akhirnya benar-benar melakukan pertemuan. Keduanya memulai KTT bersejarah itu di Pulau Sentosa, Singapura.

Pertemuan keduanya digelar sekitar pukul 09.00 waktu Singapura. Kim dan Trump muncul di hadapan wartawan yang menantinya lalu berfoto bersama di depan bendera-bendera kedua negara. Bersalaman selama beberapa belas detik, lalu berbalik ke arah wartawan, untuk berpose.

Dalam jumpa pers singkat, keduanya menyampaikan sendiri pernyataannya tanpa bantuan tim khusus. Keduanya hanya didampingi seorang penerjemah

"Ini merupakan kehormatan bagi saya," Kata Trump seperti dikutip BBC, selasa (12/6).

"Saya merasa sungguh senang. Kami akan melangsungkan diskusi yang baik dan saya kira akan membuahkan keberhasilan besar. dan merupakan kehormatan bagi saya, dan kami akan menjalain hubungan yang sangat bagus, saya tak ragu (soal itu)," tambahnya.

Kim Jong Un dan Donald Trump melakukan pertemuan di Singapura (AFP Photo)

"Ya, tidak mudah untuk sampai ke pertemuan ini. Masa lampau ... dan prasangka-prasangka lama dan perilaku (lama) menjadi penghalang bagi upaya kami melangkah ke depan. Namun kami bisa mengatasinya dan kami kini berada di sini hari ini," Sahut Kim Jong-un melalui penerjemah.

Keduanya lalu mengucapkan terima kasih berkali-kali dihadapan para wartawan yang hadir. Trump dan Kim Jong-un menjadi presiden AS dan pemimpin Korea Utara pertama yang akhirnya bertemu setelah setahun sebelumnya saling melontarkan ancaman.

Trump dan Kim bertemu dan berjabat tangan di Capella, sebuah hotel mewah di Pulau Sentosa, sebuah kawasan wisata di Singapura. Pertemuan ini akhirnya digelar setelah sebelumnya hampir gagal karena dibatalkan secara sepihak oleh Trump. Mereka sekarang siap untuk membahas perlucutan senjata nuklir dan meredakan ketegangan di Semenanjung Korea. Keduanya kemudian beranjak menuju ruangan pertemuan sebelum kemudian makan siang. (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH