Ini yang Bikin Perdana Menteri Jepang Puji Presiden Jokowi Perdana Menteri Jepang periode 2007-2008 Yasuo Fukuda (kiri). (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)

MerahPutih.com - Perdana Menteri Jepang periode 2007-2008 Yasuo Fukuda memuji Presiden Joko Widodo atas kinerjanya dalam mengembangkan pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Hal itu ia sampaikan dalam pidatonya pada kegiatan simposium bertajuk 'Peringatan 50 tahun ASEAN dan 40 tahun Doktrin Fukuda' di Jakarta, Jumat (27/10).

"Dalam pemerintahan Presiden Jokowi, Indonesia telah mencapai perkembangan yang mengagumkan. Pembangunan terjadi di berbagai bagian (negara)," kata pria yang pernah menjabat sebagai perdana menteri ke-58 Jepang itu.

Melalui kemajuan tersebut, ia juga berharap Indonesia mampu memainkan peran lebih dalam di ASEAN sehingga mimpi untuk menjadi kekuatan ekonomi baru dapat tercapai.

Pemerintahan Jokowi juga diminta untuk berhati-hati dan harus mampu menjaga stabilitas keamanan dalam negeri.

"Yang saya lihat, roh ASEAN adalah keberagaman dan toleransi. Keberagaman yang disertai pemahaman ini menjadi alat bagi kesuksesan ASEAN untuk berkembang," katanya.

Dengan rekam jejak persahabatan kedua negara yang telah terjalin selama 59 tahun, Fukuda menilai beragam kerja sama yang dilakukan Indonesia dan Jepang telah memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak.

"Selain hubungan ekonomi yang menguntungkan, secara aktif kedua negara juga melakukan hubungan antarmasyarakat yang berfokus pada sektor sosial-budaya," kata Fukuda.

Salah satunya, paling tidak Indonesia telah menikmati bantuan berupa pembangunan sekitar 600 sekolah di 12 provinsi, pengembangan 153 sekolah vokasi, hingga bantuan asistensi kepada fakultas-fakultas kesehatan di sejumlah universitas terkemuka di dalam negeri.

Sehubungan dengan hal tersebut, Ketua LIPI Bambang Subiyanto dalam kesempatan yang sama turut menyampaikan pandangan positifnya terhadap persahabatan yang terjalin antarkedua negara.

"Peran besar kerja sama kedua negara diprediksi bisa membawa dampak baik untuk kemajuan ASEAN sebagai kekuatan ekonomi baru, mengingat Jepang sendiri merupakan rekanan strategis di kawasan Asia tenggara," kata Subiyanto. (*)

Sumber: ANTARA



Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH