Ini yang Akan Terjadi Jika Kamu Makan Makanan Pedas Tiap Hari!  Cabe mengandung zat capsaicin. (Foto: KTLA)

PEDAS menjadi rasa yang tidak asing, terutama pada masakan-masakan di Indonesia. Tidak makan menggunakan cabe akan terasa ada yang kurang, bahkan banyak orang yang sengaja membawa sambal bertoples-toples ketika berpergian ke luar negeri agar tetap bisa makan dengan nikmat.

Meski begitu, apakah makan pedas bisa berdampak buruk bagi tubuh? Yuk cek faktanya!

Baca juga:

Melanjutkan Debut di DCEU, Henry Cavill akan Kembali Sebagai Superman

1. Turunkan berat badan

Yuk diet dengan makan pedas tiap hari! (Foto: the list)
Yuk diet dengan makan pedas tiap hari! (Foto: the list)

Menurut seorang personal trainer tersertifikasi bernama Adam Kemp, makanan pedas bisa ditambahkan ke menu dietmu jika ingin menurunkan berat badan.

"Makan-makanan pedas setiap hari bisa membantumu menurunkan berat badan karena salah satu komponen dari makanan pedas (capsaicin) telah diteliti dan terbukti bisa menjaga dan mengurangi berat badan," ungkap Kemp kepada The List.

2. Membantu mengelola rasa sakit

Kandungan capsaicin sangat bermanfaat bagi tubuh. (Foto: the list)
Kandungan capsaicin sangat bermanfaat bagi tubuh. (Foto: the list)

Sebagian orang tidak menyukai makanan pedas karena bisa membuat mereka keringatan dan tidak nyaman. Bahkan, kepedasan bisa menimbulkan rasa sakit bagi orang-orang tertentu. Menariknya, Mitchelle Wright selaku ahli diet teregistrasi mengatakan bahwa makan-makanan pedas setiap hari bisa membantumu mengurangi rasa sakit.

Makanan yang kaya akan kandungan capsaicin mampu menargetkan sebuah zat kimia di otak yang dinamai P. Zat P sendiri berperan untuk memberikan rasa sakit ketika kamu terluka. Wright mengatakan bahwa capsaicin mampu mengurangi rasa sakit akibat cedera dari menargetkan zat P.

Baca juga:

Belajar Sejarah Batmobile Dalam 'The Batmobile Documentary' di YouTube

3. Mencegah maag

Cabe mengandung zat capsaicin. (Foto: KTLA)
Cabe mengandung zat capsaicin. (Foto: KTLA)

Jika kamu mengidap tukak lambung, biasanya kamu akan menyalahkan saus Tabasco atau sambal yang kamu makan tadi siang. Kenyataannya, ahli gastroenterologi bernama Edwin McDonald mengatakan bahwa kandungan capsaicin dalam makanan pedas berfungsi menghambat produksi asam di lambung.

Bahkan, McDonald mengatakan bahwa makanan capsaicin dianggap sebagai obat untuk mengobati maag dalam kondisi kesehatan tertentu.

4. Jadi kehilangan selera untuk makan-makanan manis

Makanan pedas juga bisa memacu adrenalin. (Foto :The Spruce Eats)
Makanan pedas juga bisa memacu adrenalin. (Foto :The Spruce Eats)

Makanan manis biasanya cocok sebagai hidangan penutup yang nikmat untuk dikonsumsi. Meski begitu, kandungan gula dan lemak dalam desert pasti bisa membuatmu gagal diet. Untungnya, laman Women's Health membagikan bahwa sehabis makan-makanan pedas, biasanya kita tidak ingin makan hidangan penutup seperti cookies contohnya. (shn)

Baca juga:

Suka Film Animasi? Ini 3 Film Studio Ghibli Terbaik


Tags Artikel Ini

Shenna

LAINNYA DARI MERAH PUTIH