Ini Waktu Paling Pas Lihat Gerhana Bulan Total di Yogyakarta

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 31 Januari 2018
Ini Waktu Paling Pas Lihat Gerhana Bulan Total di Yogyakarta
Pengamanan gerhana bulan total di Observatorium Ilmu Falak Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Selasa (30/1). (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

MerahPutih.com - Langit Yogyakarta besok malam akan dihiasi dengan fenomena super moon dan gerhana bulan total. Bulan akan terlihat membesar dan berwarna merah kecoklat-coklatan.

Masyarakat Yogyakarta beruntung karena fenomena langka ini bisa diamati di seluruh wilayah DIY.

Kepala Kelompok data dan Informasi Stasiun Klimatologi BMKG DIY Joko Budiono menjelaskan momen gerhana bulan mulai bisa diamati di Yogyakarta sejak pukul 17.50 hingga pukul 23.10 WIB. Gerhana total dimulai pukul 19.51 sementara puncaknya diperkirakan terjadi pukul 20.30 WIB.

"Momen paling pas untuk melihat super moon dan gerhana ya saat puncaknya, sekitar jam 20.30 WIB. Hanya terjadi beberapa menit saja," jelas Joko melalui sambungan telepon di Yogyakarta, Selasa (30/1).

Joko memastikan fenomena langka yang terjadi seratusan tahun sekali ini aman diamati dengan mata telanjang. Sebab cahaya yang dipancarkan saat gerhana bulan tidak berbahaya bagi mata manusia.

"Semua tempat bisa untuk melihat gerhana bulan. Asalkan tidak tertutupi gedung-gedung atau pohon-pohon. Yang bagus seperti di tanah lapangan atau pinggir pantai dan daerah ketinggian," ucap Joko.

Gerhana bulan merupakan sebuah fenomena terhalangnya sinar matahari oleh bumi sehingga sinar matahari tidak sampai ke bulan. Saat gerhana bulan terjadi, posisi bumi tepat di antara matahari dan bulan. Hal ini memaksa sinar matahari untuk melewati atmosfer.

"Atmosfer akan menyaring sebagian besar cahaya yang berwarna biru. Sehingga tersisa warna oranye dan merah saja. Makanya disebut blood moon,"bebernya.

Selama tahun 2018 ada dua gerhana bulan total yang bisa diamati dari bumi. Selain tanggal 31 Januari, masyarakat bisa melihat kembali gerhana bulan total (GBT) tanggal 28 Juli 2018. (*)

Berita ini merupakan laporan dari Teresa Ika, kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Baca juga berita lain terkait gerhana bulan 31 Januari 2018: Wilayah Bogor Tertutup Awan 37 Persen

#Gerhana Bulan #Yogyakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan