Ini Tips Mudik Bawa Kendaraan Pribadi Sejumlah mobil melintasi ruas Tol Bawen-Salatiga di Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Minggu (18/6). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Mudik yang nyaman dan menyenangkan menjadi harapan banyak orang jelang Hari Raya Idulfitri. Banyak pilihan untuk sampai ke kampung halaman, ada menyewa kendaraan, naik angkutan umum, mudik bareng dari pemerintah, dan membawa kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat.

Bagi Anda yang mudik menggunakan kendaraan pribadi, berikut merahputih.com sajikan tips dari PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Vice President Marketing and Sales Davy J Tuilan, agar mudik terasa lebih menyenangkan. Dan, tentu saja aman sampai tujuan.

1. Performa kendaraan.

Hal terpenting sebelum memulai perjalanan adalah dengan melakukan pengecekan kondisi mobil. Oleh karenanya, periksa kondisi kendaraan di bengkel resmi sebelum memulai perjalanan

2. Perlengkapan darurat

Pastikan bahwa kendaraan telah dilengkapi dengan perlengkapan darurat seperti kabel jumper, towing hook, kunci roda, dan kunci dongkrak. Jangan lupa juga untuk membawa perlengkapan P3K untuk kondisi darurat

3. Tekanan ban

Tekanan ban memiliki dampak yang signifikan bagi stabilitas kendaraan dan kemudahan untuk mengendalikan kemudi. Oleh karenanya, cek tekanan ban secara berkala dan pastikan bahwa PSI telah sesuai dengan ketentuan yang tercantum pada stiker di balik pintu mobil

4. Kapasitas penumpang dan keselamatan anak-anak

Konsumen harus memastikan bahwa kapasitas mobil telah sesuai dengan spesifikasi. Kapasitas penumpang yang berlebihan akan membuat posisi duduk menjadi kurang nyaman serta berpengaruh pada kestabilan kendaraan.

Bagi keluarga yang membawa anak-anak, pastikan bahwa si kecil menggunakan car seat (usia 0 - 7 tahun) atau booster seat (7 tahun ke atas) yang telah terhubung dengan sabuk pengaman. Hal ini untuk menjamin keamanan anak saat mobil melakukan pengereman mendadak atau terlibat dalam kecelakaan.

5. Roof box

Banyak keluarga yang membawa muatan berlebih saat perjalanan mudik, sehingga akhirnya beberapa orang memutuskan untuk menggunakan roof box agar dapat memaksimalkan jumlah penumpang dalam kabin. Namun roof box yang diisi oleh muatan yang terlalu berat akan mempengaruhi stabilitas mobil, sehingga pengemudi sulit mengendalikan kendaraan. Jadi, letakkan muatan yang berukuran besar tapi ringan di roof box, dan masukkan muatan berukuran berat dalam bagasi mobil. Pastikan bahwa roof box tidak diisi oleh muatan yang memiliki berat lebih dari 50 kilogram. Dengan ini, kestabilan mobil dapat lebih terjaga.

6. Bahan bakar

Periksa jumlah bahan bakar secara teratur, terutama ketika akan memasuki jalur tol. Davy menyarankan konsumen agar mengisi ulang bahan bakar setiap kali melewati pom bensin. Dengan ini, konsumen dapat terhindar dari kehabisan bahan bakar ketika jalanan macet.

7. Istirahat

Kelelahan telah menjadi salah satu faktor utama kecelakaan lalu lintas. Selama musim mudik, banyak orang yang melakukan perjalanan jarak jauh dan seringkali menghadapi kemacetan yang mengakibatkan kelelahan dan stres. Mengingat pentingnya fisik dan mental yang prima, lakukan istirahat secara berkala. Khusus untuk pengendaran Nissan, kunjungi NDRP agar konsumen Nissan-Datsun dapat beristirahat dan menyegarkan diri sebelum melanjutkan perjalanan.

Berita ini merupakan laporan dari Mauritz, kontributor merahputih.com untuk wilayah Cirebon dan sekitarnya. Baca juga berita lainnya di: Tips Aman Mudik Lebaran


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

YOU MAY ALSO LIKE