Ini Tiga Versi Surat Perintah Sebelas Maret

Zulfikar SyZulfikar Sy - Sabtu, 11 Maret 2017
Ini Tiga Versi Surat Perintah Sebelas Maret
Supersemar di ANRI. (MP/Noer Ardiansjah)

Hari ini Sabtu, 11 Maret 2017, tepat 51 tahun peringatan Surat Perintah Sebelas Maret atau Supersemar. Sejak dikeluarkan tanggal 11 Maret 1966, keberadaan Supersemar yang asli masih menjadi misteri terbesar dalam sejarah Indonesia.

Supersemar adalah waktu di mana Republik Indonesia mengalami sebuah transisi besar dalam tampuk kekuasaan bangsa nusantara. Surat mandat tersebut, konon merupakan titah kepada Soeharto yang pada saat itu menjabat sebagai Panglima Komando Operasi Keamanan dan Ketertiban (Pangkopkamtib) untuk mengambil segala tindakan guna mengatasi situasi keamanan.

Alhasil, menurut beberapa sumber yang ada bahwa Supersemar itu seolah menjadi jalan pembuka bagi Soeharto untuk meraih takhta presidensial Ir Sukarno.

Kesimpangsiuran di antaranya muncul karena ada tiga versi Supersemar yang disimpan di Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) secara isi memang sama, yakni perintah untuk mengamankan negara, namun bagaimana tafsir atas isi surat tersebut?

Mantan Kepala ANRI M Asichin Ahmad Samantho mengatakan bahwa ketiga surat tersebut adalah palsu. Supersemar yang disimpan di etalase Arsip Negara itu kini ada tiga versi.

Versi pertama, yakni surat yang berasal dari Sekretariat Negara. Surat itu terdiri dari dua lembar, berkop burung garuda, diketik rapi dan di bawahnya tertera tanda tangan beserta nama Sukarno.

Versi Kedua, berasal dari Pusat Penerangan TNI AD. Surat tersebut terdiri dari satu lembar dan juga berkop burung garuda. Ketikan surat versi kedua ini tampak tidak serapi pertama, bahkan terkesan amatiran. Jika versi pertama tertulis nama Sukarno, versi kedua tertulis nama Soekarno

Versi Ketiga, lebih aneh lagi. Surat yang terakhir diterima ANRI itu terdiri dari satu lembar, tidak berkop dan hanya berupa salinan. Tanda tangan Soekarno di versi ketiga ini juga tampak berbeda dari versi pertama dan kedua.

Berita terkait tentang Supersemar baca juga dalam artikel: Supersemar, Alat Kudeta Halus Soeharto terhadap Sukarno?

#Supersemar #Naskah Asli Supersemar
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan