Ini Tiga Pelanggaran Pengendara Motor yang Bakal Ditindak Kamera E-TLE Dirlantas Polda Metro Kombes Yusuf (MP/Kanu)

MerahPutih.Com - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan melakukan tilang elektonik atau Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE), untuk pengendara roda dua atau sepeda motor. Kebijakan tersebut akan diterapkan mulai 1 Februari mendatang.

“Mulai 1 Februari 2020, jajaran Ditlantas Polda Metro Jaya akan melaksanakan penindakan E-TLE terhadap pengendara sepeda motor,” ujar Dirlantas Polda Metro Kombes Yusuf kepada kepada wartawan, Senin (27/1).

Baca Juga:

Mulai Oktober Polda Metro Jaya Terapkan E-TLE di Jalan Tol

Sasaran penindakan, menurut Yusuf, ada tiga. Pertama pemotor yang melanggar rambu lalu lintas, kedua pelanggaran marka jalan dan ketiga pemotor dan pembonceng yang tidak menggunakan helm.

Pengendara Motor juga akan dikenakan tilang elektronik atau E-TLE
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf jelaskan bahwa pengendara motor juga akan dikenakan tilang elektronik atau E-TLE (MP/Kanu)

Menurut Yusuf, untuk saat ini masih kita uji coba, sosialisasikan, jadi masih kita ingatkan.

“Kita fokuskan pada pelanggaran, karena salah satu penyebab kemacetan ialah penyerobotan ini. Pada 1 Februari sudah kita lakukan penindakan,” ungkapnya.

Sistem kamera E-TLE untuk pelanggar motor sama seperti mobil. Jadi fitur kamera yang sudah ada hanya ditingkatkan lagi, sehingga tidak hanya menangkap gambar pelanggar mobil tapi juga motor.

“Jadi alamat pelat nomor yang sudah tersorot di kamera ada datanya, kita akan beritahukan ke pelanggar bahwa pada tanggal tersebut sudah melakukan pelanggaran,” pungkasnya.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Fahri Siregar menyebut kamera Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) atau kamera tilang elektronik akan dipasang di Jalur TransJakarta Koridor 6 Ragunan-Monas tepatnya depan Kantor Imigrasi, Jalan Warung Buncit, Jakarta Selatan awal bulan Februari mendatang.

Sejauh ini kamera tersebut baru dipasang sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan MH Thamrin saja. Rencananya 57 kamera akan dipasang di Ibu Kota. Namun, belum dirinci lebih jauh titik-titiknya.

"Di Koridor 6 Imigrasi, Jakarta Selatan," kata dia.

Baca Juga:

Lewat Kamera Anyar e-TLE, Kendaraan yang Ngebut Bisa Ditindak

Kamera E-TLE yang dipasang di sana nantinya juga bisa merekam penindakan terhadap pengendara sepeda motor yang melanggar. Rencananya memang pengendara sepeda motor juga akan ditindak kamera E-TLE awal Februari.

Sebab, sejak awal diterapkan memang kamera hanya menindak mobil saja. Alasan kamera E-TLE dipasang di jalur TransJakarta di Koridor 6 lantaran di sana masih banyak pengendara yang nekat menerobos.

"Kita memasang aja di situ (Jalur TransJakarta Koridor 6) karena beberapa ruas jalan sering digunakan sepeda motor untuk masuk," pungkasnya.(Knu)

Baca Juga:

11.290 Pengendara Terekam Kamera E-TLE, Didominasi Tak Kenakan Sabuk Pengaman



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH